Ratusan Anak Yatim di Desa Keramat ikuti Tradisi Maminyaki Rambut

  • Whatsapp
Warga di Desa Keramat, Kecamatan Haur Gading, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan tradisi maminyaki rambut.(ist)

Amuntai, kalselpos.com – Setiap 10 Muharram warga di Desa Keramat, Kecamatan Haur Gading, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) selalu melaksanakan tradisi maminyaki rambut.

Advertisements

Bacaan Lainnya

Tradisi yang menjadi warisan para tokoh masyarakat dan ulama terdahulu, dimana dalam acara peringatan ini dilaksanakan proses meminyaki rambut para anak yatim sebagai rasa menyayangi dan sebagai bentuk mengayomi serta manyantuni anak yatim itu sendiri.

Di Desa Keramat, pelaksanaan ini telah menjadi kesekian kalinya, mengingat hal ini sudah dilaksanakan puluhan tahun yang lalu tepatnya tahun 1960.

Pelaksanaan kegiatan yang bertempat di halaman Madrasah Ibtidaiyah Intisyarul Mabarrat Desa Keramat, Kecamatan Haur Gading ini dilaksanakan pengurus yayasan Intisyarul Mabarrat Haur Gading dengan di ikuti 122 orang anak yatim yang berada atau berdomisili di Kecamatan Haur Gading.

Dalam prosesi kegiatan meminyaki rambut anak yatim tersebut, para Darmawan atau masyarakat dengan sukarela memberikan bantuan uang atau bahan makanan bahkan voucher untuk potong rambut.

Tak terkecuali Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Abdul Wahid beserta Ketua TP-PKK Anisah Rasyidah Wahid juga turut memberikan batuan yang diserahkan oleh Pjs Kepala Desa Keramat Yurdani mewakili Bupati kepada panitia. Dan dibagikan kepada anak yatim.

Ketua panitia pelaksana H. Andarani menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Bupati HSU serta kepada para Darmawan lainnya baik yang berada di HSU ataupun yang diluar daerah HSU.

“Saya sebagai Ketua Panitia menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Bupati Abdul Wahid dan Ibu Anisah Wahid atas bantuannya, yang mana bantuan tersebut akan kami bagikan langsung kepada anak yatim ini,” ujarnya.

Tidak hanya itu saja. Dari sumbangan sukarela sejak awal acara digelar hingga akhir, mencapai Seratus Sembilan Juta rupiah.” Bantuan atau sumbangan tersebut untuk selanjutnya diserahkan kepada anak yatim masing-masing senilai delapan ratus delapan puluh ribu rupiah per orang,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Intisyarul Mabarrat Haur Gading H M Gupran apresiasi panitia pelaksanaan dimana dalam kegiatan ini panitia menerapkan protokol kesehatan, hal ini juga ditegaskan oleh Camat Haur Gading Kamarudin.

“Saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menjalankan protokol kesehatan dalam pelaksanaan acara ini,” tegasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: adiyat
Editor: wandi

Advertisements

Tinggalkan Balasan