UMKM di Kapuas akan menerima bantuan Modal

  • Whatsapp
Salah satu pelaku UMKM di Kapuas menyerahkan berkas untuk mendapatkan bantuan modal dari Disdagperinkop UKM Kapuas. (Ist)

Kuala Kapuas, kalselpos.com -Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Kabupaten Kapuas melalui Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disdagperinkop UKM) Kapuas, melalukan rekrutmen untuk para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) guna dapat menerima bantuan modal sebesar Rp 2,4 Juta.

Plt. Kepala Dinas Dagperinkop UKM Kabupaten Kapuas, Batu Panahan, ketika ditemui usai rapat di kantor DPRD Kapuas Jalan Tambun Bungai Rabu (26/8) siang, mengatakan bahwa, program dari pusat ini adalah bantuan uang tunai yang diberikan, agar pelaku UMKM yang terkena dampak pandemi Covid-19 bisa mengakses pembiayaan modal kerja, sehingga bisa kembali menjalankan aktivitasnya.

Advertisements

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, pendataan atau rekrutmen terhadap para pelaku usaha khususnya di Kabupaten Kapuas sampai dengan saat ini terdaftar berjumlah hampir 3.500 UMKM dan jumlah ini akan terus berjalan serta bertambah sampai dengan batas waktu hingga tanggal 28 Agustus 2020.

Ditambahkan Plt Kepala Dinas Dagperinkop UKM Kapuas, bahwa untuk UMKM yang menerima bantuan ini adalah orang-orang dengan kriteria, yaitu pelaku usaha mikro, bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), bukan anggota TNI/Polri, bukan pegawai BUMN/BUMD, sudah punya tabungan dengan nominal di bawah Rp2 juta serta belum pernah atau sedang menerima pinjaman dari perbankan.

“Saya harapkan untuk para pelaku usaha khususnya di Kabupaten Kapuas, untuk tetap bersabar menunggu informasi lebih lanjut serta untuk kelanjutan program ini kami beritahukan, bahwa bukan Dinas Perindakop yang melakukan seleksi namun pihak pusat yang menyeleksi peneriman batuan ini,” pungkas Batu Panahan.

Kemudian, Alfian Noor Kades Pulau Mambulau mengatakan ada 100 pelaku usaha di desanya yang telah mengajukan dan memanfaatkan program bantuan tersebut.

“Mereka yang mengajukan secara bergiliran tiap hari mengurus kelengkapan berkas seperti surat keterangan usaha, izin domisili, dan lainnya. Tentu saja kita membantu karena ini untuk meningkatkan perekonomian mereka sekaligus perekonomian desa juga,” Alfian Noor.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Iwan Cavalera
Editor: Bambang CE

Advertisements

Tinggalkan Balasan