PAD Meningkat, Jaga kestabilan daya beli masyarakat

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Banjarmasin,kalselpos.com – Sejak pandemi Covid-19 menghantam tanah air tidak terkecuali Provinsi Kalsel berimbas pada lemahnya perekonomian masyarakat yang juga berdampak kurang baik bagi
Pendapatan Asli Daerah (PAD), sehingga persoalan ini menjadi tugas bersama, baik legislatif dan eksekutif serta steakholder terkait guna memulihkannya ke posisi semula, sehingga perekonomian banua kembali sehat.

“Kita harus bisa optimalkan PAD ini, sekarang mengalami penurunan,” ungkap wakil ketua DPRD Kalsel, M. Saripuddin, Kamis (27/8).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, sejauh ini optimalisasi PAD diupayakan agar bisa diperbaiki, oleh karena itu ini menjadi tugas bersama untuk selalu bersinergi menerapkan terobosan, termasuk inovasinya.

“Dampaknya berimbas pada anggaran belanja daerah yang mengalami pengurangan, akibat PAD kita turun di masa pandemi Covid-19,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Bang Dhien ini menyarankan, usaha mengembalikan perekonomian benua adalah kuncinya dengan optimis tinggi dan kerja keras semua bisa dilalui.

Selain itu dalam anggaran perubahan yang baru saja disahkan Pemprov Kalsel diharapkan bisa dirasakan masyarakat, baik kesehatan dan pendidikan.

“Kami akan support Pemprov terlebih anggaran perubahan ini bisa menyentuh langsung terhadap masyarakat, terutama penanganan Covid-19 sekaligus pemulihan perekonomian,” harapnya.

Kepala Bappeda Provinsi Kalsel, Nurul Fajar Desira mengungkapkan, untuk anggaran perubahan Pemprov Kalsel fokus pada penangangan Covid-19 yang masih melanda, termasuk kepada instansi kesehatan, apalagi hingga saat ini belum ditemukan vaksin.

Pihaknya juga terus menjaga kestabilan daya beli masyarakat, agar tidak mengalami keterpurukan perekonomian akibat pandemi Covid-19 ini.

“Kita juga upayakan UMKM tetap berjalan agar bisa bertahan,” sebutnya.

Berkaitan dengan infrastruktur, sambungnya, pembangunan akan tetap berjalan, sehingga masyarakat yang menggantungkan hidupnya dapat bekerja dengan lancar.

Menurut Fazar, meningkatkan PAD dirasa cukup berat, namun perlu diperjuangkan agar cepat membaik, dengan memasuki new normal pihaknya sudah menemukan harapan besar melalui sektor pajak yang mengalami peningkatan.

“Alhamdulillah, tren pendapatan melalui pajak-pajak sudah mulai naik,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis Sidik
Editor : Muliadi

Pos terkait