Sebanyak 11 Jalani Swab Test Covid- 19

  • Whatsapp
Petugas medis melakukan swab test terhadap 11 orang warga binaan lapas kelas 11 B Rantau.(ist)

Rantau, kalselpos.com – Sebanyak 11 orang warga binaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Rantau jalani Swab Test. Rabu (26/8) bertempat Aula Rutan Rantau.

Sebelas orang warga binaan yang di Swab Test adalah hasil dari rapid test yang telah dilakukan pada 19 Agustus 2020 yang dinyatakan reaktif, selanjutnya berlanjut pada Swab Test.

Advertisements

Bacaan Lainnya

Plt Kepala Rutan Kelas IIB Rantau Rahmad Pijati menjelaskan, pelaksanaan Swab Test terhadap warga binaan ini dilakukan setelah semua narapidana yang ada di Rutan Rantau mengikuti Rapid Test dan hasilnya ada 11 orang yang dinyatakan reaktif covid 19 yang dilakukan pada 19 Agustus 2020 tadi.

“Jadi 11 narapidana dinyatakan reaktif berlanjut mengikuti Swab Test untuk mengetahui apakah negatif atau positif, “jelasnya.

Selanjutnya apabila ada warga binaan yang hasilnya positif akan dikatantina di Lapas Banjarbaru karena disana ada spesial khusus tahanan untuk covid 19.

Namun pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Kalimantan Selatan dalam menangani kalau ada warga binaan yang dinyatakan positif covid 19.

Disamping itu pula, swab test untuk mengantisilasi penyebaran covid 19 dilingkungan Lapas.

Untuk pelaksanaan swab test berkoorfinasi dengam satuan gugus tugas pencegahan dan percepatan covid 19 Kabupaten Tapin.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Tapin Alfian yusuf mengatakan, pelaksanaan swab test di lingkungan lapas ini menindaklanjuti hasil yang sebelumnya dilakukan rapid test semua penghuni Lapas Rutan Rantau.

“Mudah-mudahan dalam waktu 3 hari kedepan hasilnya sudah keluar apakah negatif atau positif, “jelasnya.

Seandainya ada warga binaan yang terinfeksi positif covid 19 sesuai dengan protokol.kesehatan covid 19 wajib melakukan isolasi mandiri dan pihak lapas menyiapkan ruang khusus untuk isolasi mandiri.

“Jadi pihak Lapas wajib menyiapkan tempat khusus untuk isolasi mandiri apabola ada yang terinfeksi positif covid 19, “katanya.

Sementara untuk penanganannya dilakukan tenaga medis Puskesmas Tapin Utara sesuai dengan wilayahnya untuk.mrlakukan pemantauan keadaan kesehatan para narapidana termasuk penanganan covid 19.

Berharap para penghuni lapas rutan rantau tidak.ada yang posituf covid 19 dari hasil swab test yang dilakukan.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis:dillah
Editor:wandi

Advertisements

Tinggalkan Balasan