Hasanuddin Murad : PKPU Pilkada Jangan Multitafsir

  • Whatsapp
Anggota Komisi I DPRD Kalsel, Hasanuddin Murad. (dik)

Banjarmasin, kalselpos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalsel masih belum bisa bergerak secara leluasa terkait dengan tahapan pelaksanaan tahapan pelaksanaan kepala daerah di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, karena terkendala dari regulasi yang mengatur pelaksanaan test swab Covid-19.

“Sempat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalsel memberikan masukan kepada KPU Kalsel, yakni terkait penting dan perlunya melakukan hal tersebut,” ujar Ketua KPU Kalsel, Sarmuji usai Rapat dengan Komisi I DPRD Kalsel, Rabu (26/8/2020).

Advertisements

Bacaan Lainnya

Jika Bakal Calon (Balon) kepala daerah positif Covid-19 wajib dikarantina, selanjutnya persoalan ini belum ada regulasi jelas mengatur hal tersebut.

Kemudian untuk tahapan pendaftaran pasangan Balon dari 4 sampai 6 September 2020 mendatang pihaknya masih menunggu revisi Peraturan KPU (PKPU) dan Petunjuk Teknis (Juknis) yang berkenaan dengan test swab.

“Usai mendaftar, mereka wajib melakukan pemeriksaan kesehatan,” tegasnya.

Mengenai hasil test swab, sambung Sarmuji, jika Balon tersebut dinyatakan positif Covid-19, maka wajib menjalani karantina selama 14 hari dan seterusnya sampai dinyatakan sembuh.

Apabila dinyatakan positif dengan rentan waktu berkepanjangan, maka mungkin ada batas waktunya bersangkutan apakah masih memenuhi syarat atau tidak.

“Hal ini yang perlu kejelasan dalam aturan baru nantinya, PKPU dan Juknis baru harus mengakomodirnya, sehingga kita dapat melaksanakan,” terangnya.

Senada diungkapkan anggota Komisi I DPRD Kalsel, Hasanuddin Murad, berkenaan aturan pemeriksaan kesehatan bagi para calon kepala daerah yang mendaftar harus jelas diatur dalam PKPU nantinya, jangan sampai multitafsir, bisa saja terjadi pada orang tidak sakit atau orang tanpa gejala, sehingga dikhawatirkan menimbulkan kerawanan bagi pendukung maupun calon bersangkutan.

“Aturan PKPU nanti harus jelas jangan sebaliknya,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sidik
Editor : Muliadi

Advertisements

Tinggalkan Balasan