Wisata Obyek Manggasang Barabai Ditutup

  • Whatsapp
Kepala Disporapar HST Wahyudi.(ist)

Barabai, kalselpos.com – Setelah sempat dibuka pada awal Agustus 2020 tadi, kawasan Obyek wisata Manggasang yang terkenal dengan alam dan sungai tersebut ditutup lantaran salah seorang pengunjung tenggelam saat berenang, pada akhir pekan tadi, Jum’at (21/8) kemarin.

Kejadiaan na’as tersebut dialami seorang remaja laki-laki yang berusia 12 tahun, yang saat itu berkunjung bersama kedua orang tuanya.

Advertisements

Bacaan Lainnya

Atas dasar itu, pihak pengelola diminta oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten HST untuk menutup lokasi wisata tersebut.

Kepala Disporapar HST Wahyudi kepada awak media di Barabai mengatakan, penutupan wisata Manggasang dilakukan usai kejadian tenggelam salah seorang pengunjung.

“Kami meminta kepada pengelola agar menutup lokasi wisata tersebut, sambil pengelola melakukan pembenahan untuk menyiapkan manajemen wisata, khususnya terkait dengan keamanan pengunjung,” kata Kadispora HST, Selasa (25/8).

Terkait kapan akan dibuka kembali. Wahyudi menerangkan, pihaknya meminta agar pengelola tempat wisata untuk mempersiapkan manajemen khususnya di bidang keselamatan pengunjung, Seperti, penempatan petugas keamanan atau ‘life guard’, dengan menggunakan atribut khusus, kelengkapan keselamatan.

“Kami juga meminta agar pengelola menyiapkan SOP keselamatan di air, karena Manggasang ini salah satu obyek wisata air. Memberikan rambu-rambu pada bagian ataupun sudut yang berbahaya dan lokasi aman untuk bermain. Selain itu, kita juga meminta pihak pengelola membuat spanduk himbauan kepada pengunjung wisata, ” ungkitnya.

Obyek wisata menggasang sendiri, baru mulai dibuka sejak awal Agustus tadi. Memang belum memiliki ijin dari pemerintah daerah setempat, namun oleh pihak Dinas sendiri telah memintakan agar pihak pengelola untuk mengurus ijin tersebut.

Pihaknya juga mengingatkan agar masyarakat yang berkunjung arau berwisata di daerah Kabupaten HST agar selalu berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap diri sendiri, ataupun keluarga. Terutama untuk mematuhi protokol keamanan dan kesehatan Covid-19.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: adiyat
Editor: wandi

Advertisements