Hasil Swab Masif, 40 Warga Banjarmasin Positif Covid-19

Kepala Dinkes Kota Banjarmasin, Machli Riyadi membeberkan 40 warga Banjarmasin positif Covid-19 usai menjalani swab massal Pemprov kalsel (Fudail/dok)

Banjarmasin , kalselpos.com – Sebanyak 40 Warga Banjarmasin dinyatakan terkonfirmasi positif terpapar virus Corona atau Covid-19. Hal tersebut merupakan hasil pelaksanaan program 10.000 swab oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel yang dilakukan pada 10 Agustus 2020 kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, 40 orang tersebut adalah hasil pemeriksaan sampel lendir dari 924 spesimen milik warga Banjarmasin.

Bacaan Lainnya

“Kalau dipersentasekan dalam program Pemprov kemarin itu hanya 4,33 persen saja yang divonis positif Covid-19 di Banjarmasin ,” ucapnya pada awak media, Senin (24/08/2020).

Ia menjelaskan, keseluruhan tersebut merupakan dari pelaksanaan swab di 26 Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Suriansyah, Kota Banjarmasin.

“Mereka yang diswab ini adalah warga yang masuk dalam daftar suspek, probable dan bertugas sebagai tenaga kesehatan,” jelasnya.

Kendati jumlah warga terpapar virus Corona dalam program tersebut termasuk sedikit dibandingkan dengan wilayah lain. Mantan Wakil Direktur Administrasi dan Keuangan RSJ Sambang Lihum itu menghimbau warga agar tetap berhati-hati dan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian.

“Kita (Dinkes) tetap mengedukasi masyarakat untuk tetap menggunakan masker, menjaga daya tahan tubuh, menjaga kebersihan diri dan selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menegaskan, penurunan angka terkonfirmasi positif dan kematian kibat Covid-19 saat ini jangan sampai membuat euforia di masyarakat.

“Tingginya angka kesembuhan tetap mengharuskan kita menjalankan protokol kesehatan dengan benar dan disiplin,” pungkasnya.

Untuk diketahui, program swab massal yang dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT Provinsi Kalsel ke-70 itu, Kota Banjarmasin mendapat jatah sebanyak 1388 orang untuk diambil spesimennya.

Padahal sebelumnya Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin hanya menargetkan 450 orang yang mengikuti program tersebut. Namun animo masyarakat yang tinggi dengan pelaksanaan swab massal secara gratis itu membuat jumlah warga yang ikut melebihi target awal, yaitu 924 orang.

Jika dipersentasenkan, hasil yang dicapai Pemko Banjarmasin dalam program tersebut sebesar 66,57% dari jumlah yang ditargetkan Pemprov Kalsel.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri