Gegara Kurang Berkas, Santunan Korban Covid-19 di Banjarmasin Minim Klaim

  • Whatsapp
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin, Iwan Rostianto (Fudail/dok)

Banjarmasin , kalselpos.com  – Minimnya klaim atas santunan bagi keluarga atau ahli waris dari korban meninggal dunia akibat Covid-19 di Banjarmasin dikarenakan kurang lengkapnya berkas administrasi pengantar yang diajukan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto kepada awak media, Senin (24/08/2020)

Advertisements

Bacaan Lainnya

“Dari sekian banyak korban Covid-19 baru 1 ahli waris yang menerima santunan,” ucapnya.

Menurutnya, minimnya warga Banjarmasin yang memanfaatkan bantuan ini dikarenakan banyak dari ahli waris yang tidak melengkapi berkas administrasi yang sudah ditentukan.

Sehingga pihaknya terpaksa berkas tersebut harus dikembalikan untuk dilengkapi.

“Misalnya dalam usulan yang diajukan, ahli waris tidak menyertakan surat pernyataan dari Dinas Kesehatan (Dinkes), Rumah Sakit dan Puskesmas bahwa yang bersangkutan meninggal karena Covid-19. Untuk mencairkan dana santunan semua berkas harus lengkap terlebih dahulu,” paparnya.

Pria dengan sapaan Iwan itu membeberkan, dari data kasus yang meninggal dunia jumlahnya di atas 100 orang itu, baru 25 keluarga yang sudah mengusulkannya ke Dinsos.

“Itupun terpaksa kami kembalikan kerana data yang belum lengkap. Yang lengkap dan sudah diserahkan santunannya hanya satu ahli waris korban Covid-19 di Kelurahan Pekapuran Raya,” terangnya.

Lanjutnya, jika berkas administasi pengantar lengkap, proses pencairan dana santunan tersebut akan ditranfer melalui rekening ahli waris dengan jumlah Rp 15 Juta untuk satu orang korban.

“Sebelum itu alan kami verifikasi terlebih dahulu, lalu diserahkan ke Dinsos Provinsi, kemudian baru diajukan ke Kemensos RI,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri

Advertisements

Tinggalkan Balasan