Embung di desa Kiram akan dikembangkan sebagai lahan pertanian

  • Whatsapp
Kiram Park.(ist)

Banjarmasin,kalselpos.com– Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih DTPH Provinsi Kalsel, M. Ikhsan bersama petani akan melakukan penanaman padi di sekitar embung di desa Kiram, Kecamaran Karang Intan, Kabupaten Banjar.

“Dengan adanya turut serta dari Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, selain petani juga terbantu, pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di sektor pengembangan pertanian juga terselamatkan,” ujar Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Selatan, Muhammad Ikhsan,  Senin (24/8/2020).

Advertisements

Bacaan Lainnya

Ihksan menyebutkan lokasi yang tidak jauh dari wisata alam Kiram Park tersebut, ternyata juga dapat dimanfaatkan serta difungsikan sebagai sarana pencegahan Karhutla dan meminimalisir terjadinya gagal panen akibat kekeringan.

“Jadi, kami sangat mengapresiasi dengan kejelian pemikiran Gubernur Kalsel yang sudah membuatkan embung tersebut terlebih dahulu dan itu belum terpikirkan oleh kami sebelumnya. Sehingga, lahan pertanian bisa dipastikan aman,” ungkapnya.

Disamping itu pula, Ikhsan membeberkan melalui instruksi penuh dari Gubernur Kalimantan Selatan untuk mencegah tingginya intensitas Karhutla di sektor pengembangan pertanian di desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar. Maka, embung yang dimiliki bisa dimaksimalkan oleh sejumlah pihak, baik petani maupun tim bencana Karhutla.

“Untuk air yang ada diembung hasil dari kerja keras paman Birin ini, sangat bisa dimaksimalkan karena banyak. Namun, agar dapat menghasilkan lebih banyak lagi kami akan melakukan normalisasi primer, sekuder untuk kalanisasi supaya dapat dimanfaatkan dengan lebih baik,” tuturnya.

Dengan adanya upaya tersebut, dirinya pun berharap, penggunaan embung dan kanalisasi yang bakal dipergunakan untuk pencegahan ini bisa bermanfaat secara berkelanjutan baik dikhususkan kepada para petani maupun tim pemadam kebakaran lahan.

“Kami salut kepada Gubernur Kalsel, paman Birin yang sudah bersedia membantu, membina dan turun langsung kelapangan dalam pembuatan embung tersebut. Semoga Karhutla bisa dicegah dan sektor pertanian dapat terus ditingkatkan sebagai penggerak pangan nasional nantinya,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE

Advertisements

Tinggalkan Balasan