BNN Bahas Peran Instansi Pemerintah Dalam P4GN

Rapat kerja program pemberdayaan masyarakat anti Narkoba bersama Instansi dilingkungan Pemerintah Kabupaten HSU, kemarin di hotel Balqis Amuntai. (ist)

Amuntai, kalselpos.com – Peran dalam pemberantasan Narkoba tidak terlepas dari masyarakat sekitar.

Bacaan Lainnya

Maka itu, menurut, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) HSU Syamsudin perlunya pemberdayaan masyarakat melalui perannya sebagai relawan anti narkoba, tidak hanya peranan instansi pemerintah akan tetapi juga masyarakat yang ada di desa.

“Kita pahami, bahwasanya anggota kami (BNN) sangat sedikit, sehingga sangat diperlukan pembentukan relawan dari masyarakat,”kata Syamsudin saat rapat kerja program pemberdayaan masyarakat anti Narkoba bersama Instansi dilingkungan Pemerintah Kabupaten HSU, kemarin di hotel Balqis Amuntai.

Bahkan lanjutnya, peranan masing-masing instansi pemerintahan di lingkungan Pemkab HSU dapat membantu pencegahan penyalahgunaan narkoba khususnya bagi para ASN sendiri, di samping lingkungan masyarakat.

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten HSU Asikin Noor saat menjadi pada materi mengatakan, ada beberapa skema dalam upaya pencegahan di lingkungan masyarakat serta peran Pemerintah daerah dalam P4GN tersebut. Salah satunya, melalui fasilitas penyusunan perda tentang P4GN, Sosialisasi, Pelaksanaan deteksi dini, pemberdayaan masyarakat dan pemetaan wilayah rawan.

“Maka itu , perlunya instansi di lingkungan Pemkab HSU di setiap melakukan kegiatan dan sebagainya, juga dapat selalu menyelipkan soal upaya pencegahan narkoba di instansinya masing-masing,” katanya.

Terkait rencana aksi. Dirinya mengakui akan ada salah satu program yang rencananya digelar untuk pencegahan narkoba dilingkungan Pemkab HSU, dengan melakukan pelaksanaan test urin yang digelar secara rutin di setiap SKPD di waktu-waktu tertentu atau mendadak.

“Sedangkan rencana aksi daerah, tambah Asikin yaitu penyusunan Raperda, sosialisasi dan penyuluhan serta pemberdayaan masyarakat di kawasan rawan narkoba,” pungkasnya.

Sementara iti, Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi berharap, dengan dilaksanakan kegiatan P4GN. Kabupaten HSU dapat semakin menekan angka penyalahgunaan peredaran narkoba serta secara bersama dapat mewujudkan Kabupaten yang bersih dari narkoba.

” Tinggi penyalahgunaan narkoba harus kita imbangi dengan tindakan pencegahan salah satunya melalui pembentukan relawan maupun penggiat anti Narkoba yang saat ini kita laksanakan,” sampai Husairi.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: adiyat
Editor: wandi

Pos terkait