Bupati Kotabaru buka Lomba Perahu Katir Race di Desa Pulau Kerayaan

  • Whatsapp
Lomba katir race dilangsungkan di Desa Pulau Kerayaan dan dihadiri langsung oleh Bupati H Sayed Jafar.

Kotabaru, kalselpos.com– Dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75 tahun 2020 warga masyarakat Suku Bugis Mandar yang ada di Desa Pulau Kerayaan Kecamatan Pulaulaut Kepulauan mengadakan lomba balap Perahu Katir (Katir Race).


Lomba katir race tersebut dilangsungkan di Desa Pulau Kerayaan dan dihadiri langsung oleh Bupati H Sayed Jafar Al Idrus SH yang didampingi oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kotabaru Hj Fatma Idiana Sayed Jafar serta Palaksa lanal Kotabaru, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Sabtu (22/8).

Bacaan Lainnya

Kedatangan Bupati bersama rombongan di desa ini disambut hangat oleh Camat setempat, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tamu undangan dan warga Desa Pulau Kerayaan.

Dalam sambutannya Bupati H Sayed Jafar menyampaikan, dukungannya atas lomba katir race yang diselenggarakan tiap tahunnya.

“Pemerintah Daerah akan selalu mendukung acara ini, yang mana merupakan salah satu lomba tradisional yang perlu dilestarikan apa lagi ini menyangkut sejarah nenek moyang jaman dulu, sejarah ini jangan sampai pudar dan hilang karena anak-anak kita nanti tidak akan tahu asal mula sejarah lomba katir race ini,” ucap Bupati.

Lebih jauh diungkapkan Bupati bahwa, lomba katir race ini hanya ada di Kotabaru, tidak ada di kabupaten lain di Kalimantan Selatan ini, sehingga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari luar untuk berkunjung ke Kotabaru. Dengan demikian, agro bisnisnya bisa tersentuh, sehingga kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” ucap Bupati.

Sedangkan Ketua panitia pelaksana Hamidi juga menyampaikan, latar belakang pelaksanaan lomba itu adalah salah satu bentuk penghormatan kepada nenek moyang pada zaman dahulu yang menggunakan perahu layar (katir) merantau ke pulau kerayaan.

Disamping pelaksanaan lomba ini juga bersentuhan langsung dengan visi misi Bupati yang salah satunya untuk memajukan sektor pariwisata.

Mengenai sumber dana ia juga membeberkan, pelaksanaan katir race sebenarnya sudah dianggarkan pada anggaran Dana Desa tahun 2020, namun ada pandemi virus Carona yang saat ini mewabah maka anggaran tersebut dialihkan untuk percepatan penanganan Covid-19.

“Jadi untuk tetap berjalannya acara lomba katir race ini maka kami menggunakan dana dari swadaya masyarakat dan sumbangan dari Camat serta pihak perusahaan,” Ungkap Hamidi.

Diacara ini Bupati juga penyerahan beberapa bantuan sosial, seperti bantuan untuk lanjut usia, disabilitas, dan rehab rumah, serta bantuan tunai untuk tambahan dana lomba katir race dan penyerahan bantuan 1 unit mobil ambulan.

Untuk diketahui lomba katir race yang digelar ini diikuti 18 peserta dari 2 kategori, kategori perahu katir besar sebanyak 11 orang dan kategori perahu katir kecil sebanyak 7 orang, dengan rute start dari pulau kerayaan kemudian mengelilingi pulau kerasian dan finish kembali ke pulau kerayaan.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Muliana
Editor : Aspihan Zain

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.