Kapolda Kalteng Panen Raya di Belanti Siam

  • Whatsapp
Kapolda Kalteng dan rombongan panen raya di desa Belanti Siam Kecamatan Pandih Batu Pulang Pisau yang dicanangkan sebagai lahan Food Estate.

Pulang Pisau, kalselpos.comPanen Raya di lahan persawahan yang dicanangkan sebagai lahan Food Estate wilayah Kabupaten Pulang Pisau, di desa Belanti Siam Kecamatan Pandih Batu, di laksanakan Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng), Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo MHum MSi MM, bersama Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kajati Kalimantan Tengah Dr Mukri SH MH, Forkopimda Pulang Pisau, yaitu Bupati Edi Pratowo SSos, Kapolres Pulang Pisau AKBP Yuniar Ariefianto SH SIK MH, Dandim 1011/KLK Letkol Inf Ary Bayu Saputro, Ketua DPRD dan lainnya, Rabu (19/8)


2. Kapoda Kalteng saat mau menggunakan alat perontok yang kemudian diikuti oleh beberapa orang lainnya yang dalam rombongan.(ist)

Sebelumnya, rombongan bersama-sama mengunjungi sunatan massal yang diselenggarakan di area panen raya perdana, baru kemudian secara bersama melakukan panen raya. Dimana setelah panen secara manual menggunakan alat penyabit, dilanjutkan menggunakan alat perontok padi yang dipandu operator Kapolda, Danrem, Kejati, Bupati, Kapolres dan lainnya memanen padi.

Advertisements

Bacaan Lainnya

Acara kemudian dilanjutkan peresmian gedung untuk kantor Bhabinkamtibmas yang merupakan hasil swadaya desa, posko Food estate serta ada hal menarik dan unik yaitu pawai hias traktor.

Kapolda Kalteng saat diwawancarai awak media mengatakan, panen raya perdana pada hari ini bersama dengan lainnya merupakan padi yang ditanam Menteri Pertanian (Mentan) pada bulan April lalu.

“Ini menunjukan tanah disini luar biasa suburnya. Dan program pemerintah sangat tepat Kalimantan Tengah ditunjuk sebagai Food Estate. Mewujudkan ketahanan pangan nasional,” ujar Kapolda Kalteng.

Menurutnya, dengan melihat dan bersama memanen pada hari ini dia optimis program ini akan berhasil nantinya.

“Dengan luasan area sekitar 6000 hektar, dan untuk Agustus hingga September akan dilaksanakan panen raya secara bersama, nanti setelah itu akan kita lakukan penanaman di bulan Oktober untuk nanti adakan panen raya kembali,” ucap Kapolda Kalteng.

Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo SSos MM mengatakan, area sawah 6000 sampai 8000 hektar, siap untuk diupayakan peningkatan produksi padinya, jadi bisa mencapai 4 sampai 5 ton per hektar yang tadinya di bawah itu.

“Jenis padinya Hibrida, untuk organik dengan pencapaian hasil 9000 ton per hektar. Untuk menangani tengkulak sudah dibentuk Satgas untuk ketahanan pagan, termasuk pupuk juga,” ujar Edi Pratowo.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Iwan Cavalera
Editor: Bambang CE

Advertisements

Tinggalkan Balasan