Wabup dan Sekda Ikuti Upacara Berpakaian Adat

  • Whatsapp
Wabup Batola, Kapolres dan Sekda saat mengikuti upacara yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di ruang monitoring Center Setara Network, Dinas Kominfo Batola. (ist)

Marabahan,kalselpos.com – Usai menghadiri Upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia (RI) di halaman Kantor Bupati Barito Kuala (Batola), Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Kapolres AKBP Lalu Moh Syahir Arif, dan Pj Sekda H Abdul Manaf mengikuti upacara secara virtual yang digelar di Istana Negara, Senin (17/08/2020).

Advertisements

Bacaan Lainnya

Wabup, Kapolres dan Sekda mengikuti upacara yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Ruang Monitoring Center Setara Network Dinas Kominfo Kabupaten Barito Kuala.

Menariknya, saat mengikuti upacara Wabup dan sekda menggunakan pakaian jas terbuka berwarna kuning bertema adat Banjar khas Barito Kuala bermotif tanaman padi dan purun lengkap dengan topi laung/daster serta sarung sabuk berwarna hijau dengan kemeja putih lengan panjang berenda dipadu celana panjang yang juga berwarna kuning.

Paduan pakaian sedemikian rupa memberi kesan kearifan lokal yang khas, indah dan serasi. Sementara Kapolres sesuai protap mengikuti upacara dengan mengenakan pakaian PSL.

Pakaian daerah yang dikenakan Wabup dan sekda ini ternyata seirama dengan kepala negara yang mengenakan baju adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur saat menjadi Inspektur upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2020).

Jokowi mengenakan kain motif kaif berantai nunkolo. Upacara secara virtual yang dilaksanakan di Istana Negara ini dimulai dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara. Meriam lalu ditembakkan dan sirene dibunyikan.

Upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi, mengheningkan cipta, serta pembacaan doa. Pengibaran bendera hanya ada 3 orang Paskibraka yang bertugas.

Perayaan Hari Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia (RI) tahun ini merupakan pertama kalinya digelar di Istana Merdeka, Jakarta, harus dilakukan secara virtual.

Ini dilakukan untuk menerapkan jaga jarak fisik sesuai dengan protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19 tengah pandemi. Meski demikian, upacara tersebut tetap terkesan khidmat.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Muliadi

Advertisements

Tinggalkan Balasan