Kabar Gembira, 9 Kelurahan di Banjarmasin Jadi Zona Hijau

Kepala DInas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi (dok)

Banjarmasin, kalselpos.com – Sebanyak sembilan kelurahan di Kota Banjarmasin ditetapkan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Banjarmasin telah berstatus sebagai zona hijau atas kasus Covid-19 atau virus Corona.

Kabar menggembirakan itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi kepada awak media, di Banjarmasin, Selasa (18/08/2020) siang.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, awalnya zona hijau di Ibukota Kalimantan Selatan itu hanya berjumlah 7 kelurahan. Namun hari ini terjadi penambahan 2 wilayah lagi.

“Jadi saat ini ada 9 kelurahan yang menjadi zona hijau,” ungkapnya.

Kesembilan wilayah tersebut adalah Kelurahan Pemurus Luar, Sungai Bilu, Sungai Lulut, Kertak Baru Ilir, Kertak Baru Ulu, Kelayan Luar dan Mawar, Telawang dan Kelayan Dalam.

“Alhamdulillah sesuai hasil evaluasi bersama RT dan tim surveilans di Puskemas zona hijau di kota kita bertambah,” ujarnya.

Selain itu, pria yang juga bertindak sebagai Uru Bicara GTPP Cocid-19 Banjarmasin itu menambahkan, terdapat 4 wilayah yang saat ini menjadi zona kuning.

Wilayah tersebut dintaranya Kelurahan Kampung Melayu, Gadang dan Pemurus Baru dan Pemurus dalam

Menurutnya, penetepan itu diberikan lantara tidak ada penambahan kasus terkonfirmasi positif, menurunnya angka kematian dan tidak ada tenaga kesehatan yang terpapar.

“Ini mengacu dengan Keputusan Mendagri yang dikolaborasikan dengan buku panduan 5 Kemenkes,” jelas mantan Wakil Direktur (Wadir) Administrasi dan Keuangan RSJ Sambang Lihum ini.

Kemudian, pria dengan sapaan Machli itu menerangkan, ditetapkannya zona kuning ini merujuk pada jumlah pasien terkonfirmasi virus Corona yang telah selesai melakukan karantina mandiri.

“Kemudian terjadi penurunan angka kematian, lalu tidak ada tenaga medis yang positif sehingga kawasan itu kita kuningkan,” tandasnya.

Kendati demikian, machli menyebut kabar gembira ini jangan sampai membuat lengah dan euforia.

“Peran aktif masyarakat sangat menentukan kondisi wilayah kita saat ini. Termasuk dengan selalu mengedepankan protokol kesehatan,” pungkas Machli.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri