Minat PPDB Sekolah Swasta Menurun

  • Whatsapp
Abdul Gani sebagai ketua forum Kepala Sekolah Madrasah Muhammadiyah Kota Banjarmasin.

Banjarmasin, kalselpos.com – Dalam kurun waktu 4 tahun terakhir minat meneruskan pendidikan setingkat SMU swasta sederajat mengalami penurunan. Bahkan dari data setiap tahunnya mengalami trend sekitar 100 calon siswa/siswi, hal ini diketahui saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sejak tahun 2017 hingga 2020.

“2017 siswa yang masuk sekolah swasta sebanyak 900 orang, 2018 kembali turun menjadi 800 peserta didik,” ujar Ketua Forum Kepala Sekolah (Kepsek) Madrasah Muhammadiyah Kota Banjarmasin, Abdul Gani, 14/8).

Advertisements

Bacaan Lainnya

Ia menyebut di tahun 2019 sekitar 700 peserta didik yang mengenyam pendidikan di sekolah swasta khusus untuk Kota Banjarmasin, sedangkan untuk tahun 2020 hanya mencapai 600 orang peserta didik.

Menurutnya, kondisi ini cukup memprihatinkan, untuk itu perlu adanya penerapan sistem dilapangan yang efektif agar dapat menyelesaikan PPDB di sekolah swasta.

“Kita tidak menyalahkan sistemnya, hanya saja pelaksanaan di lapangan yang perlu diawasi,” tegasnya.

Kepsek SMA 1 Muhammadiyah Banjarmasin ini mengungkapkan, setelah melakukan penelusuran terkait penurunan minat calon siswa di sekolah swasta ini disebabkan perebutan peserta didik oleh sekolah negeri, meski pendaftaran sudah ditutup.

Pihaknya punya data kontak yang bersangkutan, ternyata sudah diterima disekolah negeri.

“Kami sudah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan minat peserta didik dan program sekolah yang ditawarkan, tidak kalah bersaingan dengan yang lainnya,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sidik
Editor : Muliadi

Advertisements

Tinggalkan Balasan