Diikuti 924 Warga, Swab Massal di Banjarmasin Lampaui Perkiraan

  • Whatsapp
jumlah peserta yang melaksanaan swab massal Pemprov Kalsel di Kota Banjarmasin melebihi perkiraan (dok)

Banjarmasin, kalselpos.com – Jumlah warga yang mengikuti pelaksanaan swab test atau tes usap secara massal di Kota Banjarmasin ternyata lebih dari yang diperkiraan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, dalam pengambilan sampel atau spesimen dari kegiatan dimulai pada 10 Agustus 2020 itu pihaknya menargetkan hanya diikuti oleh 450 dari 1.388 orang jatah yang diberikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel itu.

Advertisements

Bacaan Lainnya

“Tapi kenyataannya yang mengikuti swab massal ini hampir seribu spesimen, yakni 924 orang,” ungkapnya pada awak media melalui sambungan telepon, Minggu (16/08/2020) siang.

Menurutnya, jika dipersentasenkan, hasil yang dicapai pihaknya tersebut mencapai 66,57% dari jumlah yang ditargetkan Pemprov Kalsel dalam pelaksanaan swab massal di Kota Seribu Sungai ini.

“Alhamdulillah jumlah ini melebihi jumlah yang kita perkirakan,” ujarnya.

Mantan Wadir Administrasi dan Keuangan RSJ Sambang Lihum Kalsel itu melanjutkan, keseluruhan tersebut merupakan hasil dari pelaksanaan swab di 26 Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Suriansyah yang berakhir hari Sabtu (15/08/2020) kemarin.

Kemudian, pria dengan sapaan Machli itu membeberkan bahwa mereka yang diswab itu merupakan warga yang masuk dalam daftar suspek, probable dan bertugas sebagai tenaga kesehatan di Bumi Kayuh Baimbai.

“Kita berharap hasil dari pemeriksaan ini cepat keluar dikeluarkan, sehingga kita bisa cepat melakukan upaya karantina terhadap orang yang tetapar Covid-19 ini,” imbuhnya.

Disamping itu, machli mengaku sangat mengapresiasi dan memberi penghargaan kepada tenaga kesehatan yang bertugas di 26 Puskesmas dan RSUD Sultan Suriansyah dalam menjalankan program tersebut

“Saya sangat mengapresiasi dan penghargaan kepada 26 Puskesmas dan RS SS yang sudah melaksanakannya sesuai dengan prosedur yang ada pada buku pedoman revisi kelima Kemenkes,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri

Advertisements

Tinggalkan Balasan