Sedang Dirakit, Alat PCR Pemko Banjarmasin Segera Beroperasi

Alat PCR untuk menguji swab test atau tes usap milik Pemko Banjarmasin segera dioperasikan (ist)

Banjarmasin,kalselpos.com – Guna mempercepat proses kepastian hasilnya positif atau negatifnya dari kasus Covid-19 di Kota Banjarmasin, alat Polymerase Chain Reaction (PCR) milik Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin akhirnya sudah hampir bisa digunakan.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, saat ini alat untuk menguji sampel swab test atau tes usap milik warga Kota Seribu Sungai itu sudah hampir selesai dirakit.

“Alat PCR yang ada di RSUD Sultan Suriansyah ini masih dirakit, kemungkinan minggu depan sudah masuk dalam thap pelatihan petugas untuk mengoperaskan alat itu,” ucapnya pada awak media usai apel pelepasan tim sosialisasi Perwali tentang wajib masker di Kota Banjarmasin, Jumat (14/08/2020) pagi.

Menurutnya, pelatihan tersebut akan berjalan sekitar 3 sampai 5 hari kedepan. Hal itu dilakukan agar tenaga kesehatan yang bertugas bisa benar-benar paham dalam menjalankan alat tersebut.

Oleh karena itu, pihaknya telah menyiapkan sedikitnya 10 orang tenaga medis yang diusulkan RSUD Sultan Suriansyah untuk bisa menjalani pelatihan. Namun hal itu dilakukan secara bertahap.

“Untuk pelatihan pertama kita ajukan 5 tenaga medis terlebih dahulu. Ini akan kita evaluasi sekaligus untuk memenuhi keperluan dalam menjalankan alat PCR ini,” ungkap mantan Wadir Administrasi dan Keuangan RSJ Sambang lihum itu.

Hal itu, ia melanjutkan, sudah menjadi target dari Pemko Banjarmasin sendiri untuk bisa mengoperasikan mesin tersebut secepatnya.

“Dengan alat PCR sendiri maka hasilnya bisa lebih cepat, hari ini kita periksa maka paling lambat keesokan harinya sudah keluar,” tandasnya.

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri