Ratusan Warga Tapin Jalani Tes Swab Massal

TES SWAB-Tenaga Medis di Puskesmas melakukan tes swab terhadap qarga Kabupaten Tapin.(ist)

Rantau,kalselpos.com – Warga Tapin ikuti swab massal yang di selenggarakan Pemerintah Provinsi Kalsel dalam rangka mendeteksi dini penyebaran wabah covid 19. Jumat (14/8) .

Bacaan Lainnya

Sebelumnya swab massal dimulai terlebih dahulu Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mencet tombol sirene tanda dimulainya pelaksanaan swab massal serentak di Laksanakan Kabupaten Kota Se Kalimantan Selatan.

“Tujuan pelaksanaan swab massal serentak ini dalam rangka menyelamatkan rakyat kita dari covid 19? “Ucap Sahbirin noor Gubernur Kalsel saat membuka pencanganan swab massal serentak

Sat ini masih belum ditemukan obat penanggal virus covid 19, oleh karenanya pemerintah berusaha untuk menghentikan dan memutus mata rantai penyebatan wabah covid 19.

“Mudah-mudahan dengan swab massal penyebaran virus dapat di hentikan, “harap Gubernur.

Sementara Wakil Bupati Tapin H Syafrudon Noor mengatakan untuk kabupaten tapin mendapat jatah pada tes swab massal serentak dari Prov Kalsel sebanyak 501 orang yang sudah di sebar wilayah 12 Kecamatan se Kabupaten Tapin.

“Untuk pelaksanaan tes swab massal dilaksanakan di 13 puskesmas di wilayah tapin oleh dokter, perawat dan tenaga medis lainnya, “katanya.

Lanjut H Udin Ansyar bila hasilnya nanti ada warga dinyatakan positif tentunya pemerintah daerah Tapin telah menyiapkan beberapa opsi yaitu mengaktifkan kembali tempat rumah isolasi berkelompok yang sudah ada untuk merawat yang bersangkutan sampai sehat.

Berharap adanya swab massal ini, tidak ada bertambah warga kita yang terkomfirmasi positif covid 19.

Kepala Dinas Kesehatan Tapin Alfian Yusuf menambahkan, warga yang mengikuti tes swab massal dilaksanakan sesuai dengan data kasus covid 19 yang terjadi di Tapin.

“Jadi 501 orang targetnya yang di swab, dengan melihat data yang terkompirnasi positif di Gugus Tugas Covid 19 Kab Tapin, “katanya.

Ada kemungkinan nantinya akan bertambah yang di swab berdasarkan hasil triking yang telah ada kasus terkompirmasi postif.

Untuk hasil swab belum bisa terlihat sekarang, bisa dua sampai tiga hari nantinya baru terlihat, karena untuk proses dilakukan.di RS Bhayangkara Banjarmasin, mudahan hasilnya cepat keluar, sehingga dapat memetakan kembali warga yang terpapar covid 19.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis:dillah
Editor:wandi