Momen HUT Kalsel, Banjarmasin Gelar Swab Massal

Antusias warga dalam mengikuti swab test massal yang digelar Dinkes Kota Banjarmasin untuk memenuhi target Pemprov kalsel (Fudail)

Banjarmasin, kalselpos.com – Dalam semangat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kota Banjarmasin menggelar swab test massal untuk memenuhi target yang diberikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan swab masal yang dilakukan pihaknya tersebut telah digelar sejak Senin (10/08/2020) kemarin sampai dengan tanggal 15 Agustus 2020.

“Proses swab masal sudah 5 hari kita jalankan secara masif, besok terakhir kita lakukan swab,” ucapnya pada awak media, Jumat (14/08/2020) siang.

Menurutnya, proses pengambilan sampel lendir dari warga yang tingggal di Kota Seribu Sungai ini bertujuan untuk memenuhi 10 ribu swab test yang ditargetkan oleh Pemprov kalsel.

“Kita mendapat jatah sebanyak 445 orang untuk di-swab. Semuanya itu merupakan warga kita yang masuk dalam daftar suspect dan probable,” ungkap mantan Wakil Direktur (Wadir) Administrasi dan Keuangan RSJ Sambang Lihum itu.

Dalam prosesnya, ia melanjutkan, pihaknya melibatkan sedikitnya 26 Puskesmas yang ada di Kota Banjarmasin. “Seluruh tenaga medis yang bertugas dalam melaksanakan ini merupakan petugas yang sudah terlatih,” ujarnya.

Ia mengklaim, dalam sehari pihaknya bisa mengambil sampel lendir dari warga yang suspect dan probable tersebut sebanyak 20 hingga 30 orang.

“Alhamdulillah antusias warga dalam mengikuti proses ini cukup tinggi. Berdasar data, jumlah probable kita saat ini ada sekitar 4450 orang dari kasus suspect dan probable di Banjarmasin,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri