Pemprov Kalsel akan alokasikan dana tambahan penanganan Covid-19

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor bersama Roy Rizali Anwar, Wakil Ketua Harian Gugus Tugas Covid 19 Kalsel.(ist)

Banjarbaru, kalselpos.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) akan mengalokasikan dana tambahan untuk penanganan Covid-19 apabila memang diperlukan. Berdasar perhitungan, ada defisit anggaran Covid sebesar Rp 84,6 milyar apabila penanganan tak tuntas hingga Desember 2020.

“Defisit anggaran Covid sudah dibahas dengan Banggar DPRD Kalsel, Pemprov akan menutupi dengan mencari sumber pendanaan lain dari Refocusing anggaran APBD, sumber APBN dan pihak swasta,” jelas Roy Rizali Anwar, Plt Kepala BPBD Provinsi Kalsel, Kamis (13/8).

Bacaan Lainnya

Target Gugus Tugas Covid-19 Kalsel angka positif Covid mulai melandai pada September 2020 setelah swab masif 10 ribu spesimen Bulan Agustus ini.

“Jadi seandainya wabah Covid belum juga melandai sampai Bulan September ini, maka otomatis perlu anggaran tambahan dari yang sudah tersedia,” ujar Roy.

Dijelaskan alokasi awal anggaran Covid Rp200 milyar dengan dana cadangan disiapkan Rp160 milyar sehingga total Rp 360 milyar.

Sementara perkiraan anggaran penanganan Covid Kalsel hingga Desember 2020 sekitar Rp 464,6 milyar. Dari angka diatas, ada defisit anggaran Rp 84,6 milyar.

Untuk memaksimalkan anggaran yang ada, Pemprov melalui Gugus Tugas Provinsi terus memacu upaya memutus mata rantai penularan Covid dengan melakukan 3T, yaitu Testing (pemeriksaan), Tracing (pelacakan), dan Treatment (pengobatan) secara masif dan penerapan disiplin protokol kesehatan.

“Kami juga berusaha melakukan efisiensi anggaran dan mencari sumber pembiayaan lain,” ujar Roy.

Apabila penanganan Covid belum tuntas dan ada defisit anggaran maka akan dilakukan realokasi kegiatan dan refocusing anggaran APBD. Termasuk mencari sumber dana di luar APBD seperti APBN dan pendanaan swasta.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando/rilhum
Editor: Bambang CE

Tinggalkan Balasan