Pemkab Barut Ikuti Rakor dan Sinkronisasi Kebijakan Satu Peta

RAKOR-Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) mengikuti rapat koordinasi (rakor) dan sinkronisasi kebijakan Satu Peta. (ist)

Muara Teweh,kalselpos.com.-Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) mengikuti rapat koordinasi (rakor) dan sinkronisasi kebijakan Satu Peta.

Rakor ini bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) secara virtual yang dilaksanakan di aula Bapeddalitbang, Muara Teweh, Rabu (12/8) kemarin.

Bacaan Lainnya

Rapat dibuka oleh Sekretaris Provinsi Kalteng, Fahrizal Fikri secara virtual yang diikuti langsung oleh kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Barito Utara. Usai pembukaan rakor dilanjutkan dengan rapat internal oleh Pemkab Barito Utara yang dipimpin langsung oleh Kepala BapeddaLitbang Barito Utara Drs Muhlis.

Menurut Kepala BappedaLitbang, kebijakan satu peta adalah arahan strategis dalam mewujudkan satu peta yang mengacu pada satu referensi geospasial, satu standard, satu basis data, dan satu geosportal.

“Satu peta adalah peta tematik tunggal dengan tema tertentu yang disusun oleh wali data Informasi Geosfasial Tematik (IGT) dari Kementrian/Lembaga/pemerintah Daerah (K/L/P) yang dapat dimanfaatkan bersama (One Map For All). Proses penyusunan satu peta mencakup kegiatan komplikasi, integrasi dan sinkronisasi IGT,” katanya.

Lebih lanjut Mukhlis mengatakan rakor ini dilaksanakan sesuai arahan strategis pemerintah untuk mensukseskan pembangunan Nasional. “Ditetapkannya kebijakan satu peta melalui Peraturan Presiden tahun 2016 (perpres KSP).

Dan merupakan tindaklanjut diterbitkannya paket kebijakan Ekonomi VIII pada tanggal 21 Desember 2015 untuk menjawab permasalahan banyaknya tumpang tindih penggunaan lahan didaerah yang menghambat pertumbuhan ekonomi karena tidak adanya kepastian lahan untuk investasi pembangunan.

“Kebijakan satu peta ini pada hakekatnya bertujuan untuk berbagi data informasi Geospasial (IG) antar pemangku kepentingan melalui jaringan informasi Geospasial Nasional (JIGN) untuk mendukung pembangunan Nasional,” kata Muhlis.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis:asli
Editor:wandi

Pos terkait