Pandemi Covid-19, Jumlah Anggota Paskibraka Dibatasi

CUCI TANGAN-Salah satu anggota paskibra HSU mencuci tangan sebelum mengikuti latihan.(ist)

Amuntai, kalselpos.com – Tidak seperti tahun – tahun sebelumnya. Paskibraka Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) di tahun 2020 ini melaksanakan latihan dengan penerapan Protokol Kesehatan yang ketat, mengingat kondisi Pandemi Covid-19 saat ini.

Latihan para anggota Paskibraka dijadwalkan selama 18 hari dengan didampingi tim pelatih dari TNI – Polri, serta dari tim kesehatan.

Bacaan Lainnya

Kasi Kepemudaan dan Pramuka Pada Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (DISPORAPAR) HSU Nurullah Bhakti mengatakan, pelaksanaan kegiatan dimasa pandemi ini memang ada perbedaan dengan tahun tahun sebelumnya dimana jumlah anggota paskibraka dibatasi hanya 20 orang.

“Dari jumlah tersebut, untuk tim pengibar bendera dan 20 orang untuk tim yang akan bertugas menurunkan bendera dan juga semua kegiatan selalu kita terapkan protokol kesehatan,”ujarnya.

Disampaikannya, saat seperti ini pihaknya tetap melaksanakan persiapan pengibaran bendera pada peringatan hari proklamasi tahun 2020 nanti.

“Yang mana dalam pelaksanaan persiapan dan pelaksanaannya nanti kami tetap mengutamakan dan mendahulukan protokol kesehatan, dimana jumlah anggota di batasi hanya 20 anggota dalam satu tim tidak seperti biasanya yang berjumlah 40 orang dalam satu tim,”jelasnya.

Para anggota Paskibraka ini dikarantika di salah satu hotel yang ada di HSU dengan alasan agar mereka, anggota Paskibraka benar benar dapat menjalankan protokol kesehatan yang telah di tetapkan oleh pihak pembina. Selain itu, guna memonitor kondisi kesehatan para anggota Paskibraka.

“Untuk kegiatan, Karantina tahun ini, kami menyediakan tempat di Hotel dan waktu karantinanya selama 18 hari “ujarnya.

Dalam hal menerapkan, protokol kesehatan pihaknya telah melakukan penyemprotan di area Karantina termasuk dalam kamar, dan ruang makan secara rutin dan penyemprotan ke anggota Paskibraka, baik sebelum dan sesudah latihan.

“Kami telah menyiapkan tempat cuci tangan di tempat latihan serta terus mengingatkan agar tetap jaga jarak terutama saat jeda latihan,”ujarnya.

Dalam hal penggunaan Masker, para panitia sendiri, telah menyiapkan sebanyak mungkin, memungkinkan bagi anggota Paskibraka untuk mengganti maskernya setiap saat.

“Kami ingin menanamkan rasa nasionalisme dan rasa kecintaan terhadap bangsa dan negara ini dengan tetap melaksanakan peringatan hari proklamasi ini,” ungkapnya.

Anshari Rahman salah satu anggota tim kesehatan yang mendampingi anggota Paskibraka, bahwa pihaknya dan anggota tim selalu memonitor kesehatan anggota Paskibraka serta selalu mengingatkan pentingnya mematuhi protokol kesehatan.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: adiyat
Editor: wandi

Tinggalkan Balasan