HST Dapat Kuota 661 Sample Swab

RAPAT-Pemkab HST melaksanakan rapat Koordinasi terkait pelaksanan Tes SWAB Masif Covid-19 melalui Vicon di Auditorium Kantor Bupati HST.(ist)

Barabai, kalselpos.com – Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang turut akan melaksanakan Tes SWAB Masif Covid-19, mendapatkan Kouta sebanyak 661 sample.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut diutarakan saat Rapat Koordinasi terkait pelaksanan Tes SWAB Masif Covid-19 melalui Vicon di Auditorium Kantor Bupati HST, yang dihadiri Bupati HST H A Chairansyah, Wakil Bupati Berry Nahdian Forqan, dan pejabat serta Instansi terkait.

Pelaksanaan tes SWAB Masif sendiri, merupakan langkah pihak Pemerintah Provinsi Kalsel guna, menemukan kasus tersembunyi dan mempercepat penanganan Covid-19. Dimana akan dimulai pada 14 Agustus dan selesai pada puncak HUT RI ke-75.

Kepala Dinas Provinsi Kalsel melalui vicon menyampaikan, swab masif ini untuk menemukan sebanyak-banyaknya orang dari kontak-kontak erat yang ada dan merupakan upaya kita memutus rantai penularan, menghambat, dan mencegah terjadinya penularan.

Swab masif yang dilaksanakan serentak di 13 kabupaten/kota itu menyasar 10.000 kontak erat dari kasus yang ada hingga saat ini. “Oleh karena itu, kita perlu untuk melakukan identifikasi kontak-kontak erat yang saat ini berhubungan langsung dengan yang positif,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Muslim.

Dari kriteria yang telah ditetapkan, didapatlah angka untuk setiap kabupaten/kota, untuk Kabupaten HST 661 target swab.

Untuk menghindari kekhawatiran masyarakat, mohon disosialisasikan melalui media yang ada untuk meyakinkan bahwa pengambilan swab tidak menimbulkan rasa sakit.

“Swab itu tidak sakit, hanya mengambil sedikit lendir yang ada di tenggorokan dan hidung. Petugas sangat berhati-hati dalam pengambilan sampel, alat pun tidak menimbulkan rasa, biasanya hanya terasa seperti sedikit tersedak tapi tidak menyakitkan,” ucap Muslim.

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan sekaligus penanggung jawab logistik GTPP Covid-19 Kalsel, Ahmad Yani, menjelaskan terkait peralatan swab masif yang akan digunakan seperti paket bahan spesimen saluran pernapasan, bahan spesimen darah atau serum serta bahan pengepakan atau pengiriman spesimen, laboratorium tempat pemeriksaan PCR covid-19 sudah siap.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: adiyat
Editor: wandi

Pos terkait