Besok Tapin Akan Melakukan Swab Massal Covid 19

RAPAT-Pemerintah Kabupaten Tapin akan melakukan swab massal untuk mengetahui sebaran wabah vorus corona/covid 19 diwilayah Kabupaten Tapin.(ist)

Rantau, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Tapin akan melakukan swab massal untuk mengetahui sebaran wabah vorus corona/covid 19 diwilayah Kabupaten Tapin.

Swab massal yang digelar Pemerintah Provinsi Kalsel dengan target 10.000 orang berlangsung tanggal 14 sampai 17 Agustus 2020 serentak di seluruh Kabupaten Kota Se Kalimantan Selatan.

Bacaan Lainnya

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Kab Tapin Said Abdul Nasir mengatakan, sesuai yang di mintakan Pemerintah Provinsi Kalsel bahwa besok hari jumat 14 agustus 2020 tes swab dimulai sampai tanggal 17 Agustus 2020.

“Untuk Kabupaten Tapin mendapat jatah sebanyak 501 orang yang akan di swab, “ujarnya.

Pelaksaan swab massal ini untuk mengatahui sebaran wabah covid 19 di Kabupaten Tapin, sehingga sapat diantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona.

Pelaksaannnya swab massal bertempat eks kantor Bupati Tapin untuk melakukan vedio conference dengan Pemprov Kalsel sekaligus peringatan HUT Pemprov Kalsel ke 70 .

Kemudian dilanjutkan 12 Puskesmas wilayah Kabupaten Tapin.

Disampaikannya, kenapa mengambil tempat di puskesmas, karena untuk swab massal ini masing-masing Puskesmas akan melaksanakan sendiri yang sudah dijatahkan dengan melihat kasus terkonfirmasi positif di wilayah kecamatan masing-masing.

“Kategori yang di tes usap, orang yang kontak erat dengan yang positif, potensi suspeck, PNS, petugas Lapas, TNI, Polri dan panti asuhan,”katanya.

Pelaksanaan swab nantinya di bantu TNI dan Polri.

Ditambahkannya dari hasil swab tersebut, ada ditemukan warga yang terkompirmasi positif, maka pemkab Tapin akan menyiapkan beberapa tempat isolasi, bagi yang dinyatakan positif.

“Hasil swab keluar, ada warga terkonfirmasi positif, maka Pemerintah Kabupaten Tapin akan membuka beberapa tempat isolasi,” ucapnya.

Seperti rumah isolasi berkelompok di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Rantau, rumah isolasi Binuang serta rumah isolasi yang ada di Kampung Tangguh Banua dan rumah isolasi yang ada disiapkan oleh Desa.

Untuk rumah isolasi tetap diawasi oleh petugas Puskesmas dan satuan Gugus Tugas Covid 19 Tapin.

Sementara Kabag Ops Polres Tapin, AKP Raindhard Maradona, menambahkan sampai saat ini tidak ada penolakan warga terkait dengan swab massal ini.

“Walaupun begitu kita akan terus melakukan upaya seperti sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat adanya wabah.covid 19, dan pencegahannya, “katanya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis:dillah
Editor:wandi