Besok, Tanbu gelar Swab Test secara Masiv

Koordinasi Pelaksanaan Swab Test secara Masif secara virtual digelar bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan.

Batulicin, kalselpos.com – Rapat Koordinasi Pelaksanaan Swab Test secara Masif secara virtual digelar bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan (Prov Kalsel), pada hari Rabu (12/08/2020) siang.

Bacaan Lainnya

Dalam rakoor tersebut sala satu peserta nya yakni Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dan instansi vertikal terkait lain nya seperti Kodim 1022/TNB, Polres Tanbu dan beberapa pihak yang berkompeten.  

Pada rakoor tersebut, Pemkab Tanbu telah melaporkan progres dan rencana kegiatan swab masif di Bumi Bersujud.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Tanah Bumbu H. Setia Budi kepada kalselselpos.com kamis (13/8) menyampaikan, bahwasanya pihak nya telah melaporkan sebuah pelaksanaan swab tes masif yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 sampai 17 Agustus 2020.

“Ya”, kami jadwalkan untuk perdana swab masif di Tanbu dilaksanakan 14 Agustus 2020 yang akan dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati,” jelas H. Setia Budi.

Kami menargetkan dalam agenda ini sebut Budi berjumlah 1.064 target dengan kelompok sasaran yaitu kontak erat kasus konfirmasi yang belum di swab. sementara untuk orang atau penduduk yang memenuhi kriteria suspek Covid-19 dan belum di lakukan swab, orang atau penduduk yang memenuhi kriteria probable Covid-19 dan belum di swab, selain itu ada kelompok khusus yang beresiko.

Dalam pelaksanaan dan mensukseskan swab masif yang kami gelar,  pihak Pemkab Tanbu juga telah meyiapkan sejumlah 16 tenaga surveilan dan 14 tenaga khusus pengambil swab.

Sedangkan laboratorium pemeriksa PCR Covid-19 ada dua tempat, salah satunya di Balitbangkes Tanbu dengan kapasitas 234 sampel/hari.

Sementara fasilitas untuk kapasitas karantina papar H. Setia Budi telah disiapkan sebanyak 6 tempat. dengan rincian sebagai berikut : 3 hotel, 1 RSUD, 1 Rusunawa, dan KTB,” ucapnya.

Pada kesempatan itu pula disampaikan data logistik Covid-19 di Tanbu seperti ketersediaan baju hazmat, masker, sarung tangan, face shield, sepatu boot, kacamata dan lainnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Kristiawan
Editor : Aspihan Zain

Pos terkait