Lutfi Saifuddin : Madrasah dan Ponpes di Kalsel perlu menikmati APBD

Komisi IV DPRD Kalsel saat Kunker ke Dinas Pendidikan Jawa Timur, Surabaya.

Banjarmasin, kalselpos.com – Dalam lawatan anggota Komisi IV DPRD Kalsel ke Surabaya, Jawa Timur untuk mengkaji peraturan terkait penerapan Bantuan Operasional Sekolah Daerah Madrasah Diniyah (Bosda Madin) agar bisa diimplementasikan di benua, sehingga peserta didik santri yang menimba ilmu pendidikan di Pondok Pesantren (Ponpes) maupun sekolah-sekolah agama lainnya mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov).

“Banyak hal yang didapatkan terkait anggaran bersumber sharing antara APBD Pemprov Jawa Timur dan kabupaten/kota,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel, HM Lutfi Saifuddin saat dikonfirmasi kalselpos.com, selasa (11/8).

Bacaan Lainnya

Ia menyebut kebijakan Pemprov Jatim ini sesuatu hal baik untuk selanjutnya dipelajari dan diikuti, dengan harapan bisa diimplementasikan di Kalsel sebagai wujud rasa keadilan bidang pendidikan secara merata berkesinambungan.

“Semoga apa yang kita perjuangkan ini mendapat ridho dari Allah SWT dan juga dukungan semua pihak serta doa, sehingga dimudahkan secepatnya memberikan kontribusi nyata bagi pendidikan keagamaan,” harapnya.

Ia menginginkan Madrasah dan Ponpes di Kalsel perlu menikmati Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), inilah perjuangan kita bersama agar bisa terwujud.

Menurut Lutfi, secara kultural di Kalsel ini masyarakatnya terkenal agamis dan menjunjung tinggi nilai-nilai Islam, sehingga sudah sepantasnya perhatian diberikan kepada pondok pesantren dan madrasah.

Selain itu, sebelumnya Komisi IV telah membuat raperda tentang fasilitasi pendidikan penguatan karakter yang mana tahapnya sekarang masuk registrasi di Kemendagri.

“Langkah terdekat yang bisa diambil dalam KUA PPAS tahun anggaran 2021 akan memanggil Dinas Pendidikan dan Bappeda Provinsi Kalsel untuk membahas hal ini,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sidik
Editor : Muliadi