HSU Hanya Memiliki PLKB 30 Orang

  • Whatsapp
VICON-Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Hj Anisah Rasyidah Wahid mengikuti Video Conference (Vicon) bersama dengan Kepala BKKBN Pusat dr. Hasto Wardoyo.(ist)

Amuntai, kalselpos.com – Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Hj Anisah Rasyidah Wahid mengikuti Video Conference (Vicon) bersama dengan Kepala BKKBN Pusat dr. Hasto Wardoyo.

Hal ini terkait dengan Pertemuan Audiensi Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Non PNS.

Advertisements

Bacaan Lainnya

Kepala DPPKB HSU Dra. Hj. Anisah Rasyidah Wahid mengatakan, saat pertemuan audiensi secara video conference, memang terdapat keluhan dari para bupati dan walikota se Indonesia. Dimana mereka menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan program KB dan kependudukan, diantaranya terkait masih kurangnya tenaga PLKB di daerah.

“Bahkan, beberapa daerah juga mengalami masalah, terbatasnya anggaran sehingga honor yang diberikan kepada PLKB dibawah standar upah minimum kabupaten,” katanya.

Polemik ini memang bukan tanpa sebab. Penambahan PLKB oleh Pemerintah daerah terkendala, terbentur peraturan melarang mengangkat tenaga honorer sejak 2018.

Anisah menyampaikan, kendala yang sama dihadapi pula oleh Kabupaten HSU, dengan jumlah desa 214 dan 5 kelurahan. Dinas hanya memiliki tenaga PLKB sebanyak 30 orang.

“Idealnya satu penyuluh KB membina atau mewilayahi dua desa, tapi di Kabupaten HSU satu penyuluh KB sampai membina enam desa,”tuturnya.

Namun, Anisah bersyukur, sebelum peraturan larangan mengangkat tenaga honorer, Pemkab HSU melalui DPPKB melakukan seleksi dan rekrutmen sebanyak 40 PLKB yang sangat berperan membantu tenaga penyuluh yang ada.

Dirinya berharap, melalui pertemuan audiensi Kepala BKKBN pusat dengan pejabat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi, Kementerian Dalam Negeri dapat melahirkan kebijakan mengatasi kekurangan Penyuluh KB di daerah.

“Semoga hasil pertemuan audiensi hari ini memberi angin segar bagi PLKB seluruh Indonesia, apalagi audiensi ini turut dihadiri pejabat dari Kementerian keuangan, Kemendagri dan Kemen PAN dan RB,” sampainya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: adiyat
Editor: wandi

Advertisements

Tinggalkan Balasan