Bhabinkamtibmas Polsek Bantim Gandeng Petani untuk Cegah Karhutla

Bhabinkamtibmas Polsek Bantim menyambangi kediaman para petani di wilayah hukumnya untuk ikut berperan dlam upaya mencegah terjadinya Karhutla (ist)

Banjarmasin,kalselpos.com– Upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dilakukan jajaran Polsek Banjarmasin Timur dengan memberikan imbauan serta sosialisasi tentang bahaya Karhutla kepada petani di wilayahnya.

Bacaan Lainnya

Selain sosialisasi yang diberikan kepada para kelompok tani, upaya sosialiasi juga dilakukan dengan cara mendatangi langsung para petani di tanah garapannya masing-masing.

Kapolsek Banjarmasin Timur, AKP Susilo mengatakan upaya yang dilakukan secara ‘door to door’ tersebut hasilmya akan lebih efektif, selain imbauan yang diberikan dapat disampaikan dengan jelas, namun juga akan terjalin kedekatan antara jajarannya dengan para petani.

“Kita telah petakan beberapa wilayah yang kerap jadi langganan kebakaran lahan. Lalu saya minta kepada Bhabinkamtibmas untuk dapat memberikan sosialisasi dan imbauan langsung kepada para petani,” ujar Kapolsek, Rabu (12/8/2020).

Dalam pertemuan dengan petani, melalui Bhabinkamtibmas, Kapolsek berpesan agar petani tidak membakar lahan bekas garapan padi seusai masa panen nanti.

“Kita juga meminta kepada petani untuk bersama-sama menjaga dan mengawasi wilayahnya masing-masing dari kemungkinan kebakaran lahan yang disebabkan oleh alam,” jelasnya.

Selain imbauan dan sosialisasi tatap muka, ia juga mengaku akan memasang spanduk-spanduk imbauan dilokasi yang dianggap rawan kebakaran lahan seperti wilayah Kelurahan Sungai Lulut dan sebagian kawasan di Jalan Pramuka.

Kemudian, ia menambahkan, bahwa kegiatan yang dilakukannya tersebut merupakan implementasi dari program Kapolda Kalsel, Irjen Pol Nico Afinta, Karo Karo, dan Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan dalam upaya pencegahan Karhutla.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Hafidz
Editor : Zakiri

Pos terkait