Akibat Covid-19, Pemko Banjarmasin Rayakan HUT RI ke-75 Secara Sederhana

: Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina saat menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar peringatan HUT RI ke-75 digelar secara sederhana (Fudail)

Banjarmasin, kalselpos.com – Tahun ini Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin memutuskan untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 di tengah pandemi Covid-19 dengan cara sederhana.

Bacaan Lainnya

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, pelaksaan HUT RI ke-75 mengalami perbedaan pada tahun-tahun sebelumnya, yang mana pada kali ini pihaknya harus menerapkan protokol kesehatan.

“Ini sesuai dengan surat edaran Mendagri Nomor 492 yang memerintahkan untuk menjalankan protokol kesehatan dalam pelaksaan HUT RI di tahun ini,” ucapnya pada awak media saat jumpa pers yang dilakukan di depan Gedung Balaikota Banjarmasin, Rabu (12/08/2020) siang.

Ia menjelaskan, kegiatan lain seperti ziarah makam pahlawan, renungan suci yang biasanya dilakukan pada perayaan HUT RI terpaksa tidak diselenggarakan.

Bajlan, untuk peserta yang menjadi tamu undangan pada pelaksaannya hanya akan dihadiri oleh 100 orang, dan dikemas secara sederhana, sesuai dengan arahan protokol kesehatan Istana Negara.

“Setelah selesai, kita juga diwajibkan mengikuti pelaksaan peringatan kemerdekaan secara virtual dari Istana Negara,” terangnya.

Orang nomor satu di kota seribu sungai ini memerintahkan kepada seluruh masyarakat Kota Banjarmasin, agar memasang Bendera Merah Putih beserta umbul-umbul untuk memeriahkan peringatan hari kemerdekaan RI ini ditengah pandemi virus Corona.

Adapun terkait lomba yang biasa dilakukan oleh masyarakat dalam semarak Kemerdekaan. Ia menghimbau agar pada tahun ini untuk ditiadakan.

“Lomba-lomba ditiadakan, dialihkan dengan lomba lagu perjuangan melalui virtual maupun online. Masyarakat juga diimbau jangan menggelar lomba seperti lomba makan kerupuk, panjat pinang, lomba karun. Ini merupakan upaya kita agar tindak ada kerumunan masa,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri