51 Desa di Kalsel sudah melakukan penyaluran BLT DD tahap IV

Ilustrasi

Banjarbaru, kalselpos.com – Sebanyak 51 desa sudah melakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) tahap IV kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Besaran BLT DD untuk tahap IV ini masing-masing KK menerima Rp300 ribu. Sedangkan BLT DD tahap sebelumnya setiap KK mendapatkan bantuan Rp600 ribu.

Bacaan Lainnya

“Masyarakat penerima manfaat bantuan sosial ini, diharapkan dapat menggunakan bantuan  untuk keperluan sehari-hari,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalsel, Zulkifli di Banjarbaru, Selasa (11/8/2020).

Dirinya juga mengharapkan BLT DD menjadi pendorong roda perekonomian  di Kalsel, sehingga produktifitas masyarakat meningkat, dampaknya daya beli  juga meningkat.

“Kami harap, penerima manfaat BLT DD, uangnya jangan ditabung, tapi digunakan, inilah bentuk ekonomi gotong royong,” ucapnya.

Zulkifli mengungkapkan, meskipun sudah ada desa yang melakukan penyaluran BLT DD tahap IV, namun masih ada desa yang masih berkutat pada tahap III bahkan tahap II.

“Memang ada (yang belum), namun sedikit, karena memang ada desa sudah terlanjur menggunakan dana desa untuk pembangunan, sehingga harus menunggu pencairan dana desa tahap selanjutnya,” ungkapnya.

Zulkifli merincikan, terdapat tiga kabupaten yang masih memiliki presentasi penyaluran BLT DD yang rendah, terutama pada tahap III, yakni Hulu Sungai Selatan (HSS), Kotabaru, serta Hulu Sungai Tengah (HST).

“Dari 144 desa di HSS, baru 18 desa yang telah menyalurkan BLT DD ini pada tahap III, atau secara presentasi baru 12,5 persen,” sebutnya.

Adapun untuk Kotabaru, lanjutnya, baru 13,13 persen dana BLT DD tersalurkan pada tahap III, atau 26 desa dari total 198 desa. Bahkan untuk tahap II pun, masih menyisakan sekitar 28 persen, atau penyaluran baru berlangsung untuk 144 desa.

“Sedangkan untuk HST, dari total 161 desa, baru 98 desa yang telah menyalurkan dana BLT DD tahap III, atau secara presentasi, masih menyisakan sekitar 40 persen,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE