Selidiki Disdukcapil, Anggota Dewan ini lakukan Penyamaran

Roby, Sekretaris Komisi I datangi kantor Disdukcapil dengan pakaian biasa.

Kotabaru, kalselpos.com – Biasanya kita melihat di film-film maupun di cerita nyata pada kehidupan sehari-hari ada agen atau aparat penegak hukum yang

menyamar untuk melakukan penyelidikan, baik yang berkaitan dengan kasus maupun kehidupan masyarakat dan lainnya.

Bacaan Lainnya

2. Roby bersama dengan Kadisdukcapil Kabupaten Kotabaru.

Nah, kali ini ada pemandangan berbeda oleh salah satu anggota DPRD Kotabaru, menjabat sebagai sekretaris Komisi I, Rabbiansyah atau yang akrab di sapa Roby ini tiba-tiba saja berkostum tidak seperti biasanya, dengan pakaian rapi dan mecing. Namun, hanya berpakaian lusuh layaknya orang biasa dengan hanya menggunakan baju berwarna merah, celana seperti training dan memakai sendal jepit, mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotabaru, Selasa (11/8).

Rupanya bukan tanpa sebab, ia bermaksud untuk memastikan pelayanan yang diberikan oleh petugas kantor tersebut dalam hal KTP, KK, KIA dan Akte Kelahiran bagi masyarakat Kabupaten Kotabaru di masa pandemi Covid-19 sekarang.

“Saya hanya ingin memastikan dan melihat secara langsung bagaimana pelayanan mereka kepada masyarakat saat datang ingin mengurus kelengkapan data diri dan lainnya. Karena untuk pembuatan KTP dan KK masih terdengar laporan bahwa ada oknum yang meminta dana dengan kisaran antara Rp150 ribu hingga Rp500 ribu agar bisa cepat selesai,” tutur Roby.

Kendati demikian, laporan yang ia dengar sama sekali tidak terbukti bahkan para petugas kantor Disdukcapil melakukan pelayanannya dengan baik, mulai dari menanyakan keperluannya apa serta mengarahkan dengan sopan.

“Setelah saya sampai disana pelayanannya sangat baik, dan mereka langsung menanyakan ada keperluan apa dan kita pun diarahkan dengan baik serta di informasikan syarat-syarat untuk pembuatan KTP, KK, KIA dan Akte Kelahiran. Bahkan, pada sore hari sudah ada yang jadi dan terbukti tidak ada calo dan pembayarannya pun gratis,” jelasnya.

Dikatakannya lebih jauh, setelah langsung melihat pelayanan para petugas, kemudian ia menemui kepala dinas dan mengucapkan terimakasih atas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yang dinilai sesuai dengan harapan.

“Dalam kesempatannya, saya juga diajak berkeliling oleh Kepala Dinas Disdukcapil guna memastikan ruang-ruang pelayanan dan menyampaikan ada 32 orang tenaga honor yang bekerja di instansinya yang sedikit butuh kesejahteraan, dan sebagai mitra kami mengucapkan terima kasih atas komitmennya atas pelayanan cepat, mudah dan ramah, dan kami meminta agar lebih ditingkatkan lagi pelayanan terhadap warga, lebih-lebih bagi warga kita yang ada didaerah kepulauan dan yang berada di kecamatan terujung seperti Sungai Durian, Bakau dan lainnya,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fauzi
Editor : Aspihan Zain

Tinggalkan Balasan