KTP-El Rusak Dimusnahkan Disdukcapil HSU

MUSNAHKAN-Kartu Tanda Penduduk (KTP yang Invalid atau Rusak dimusnahkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). (ist)

Amuntai, kalselpos.com – Kartu Tanda Penduduk (KTP yang Invalid atau Rusak dimusnahkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Sebanyak 2.879 keping kartu tanda penduduk Elektronik (KTP-El) dimusnahkan dengan cara di lobangi kemudian dibakar di halaman kantor Disdukcapil HSU.

Bacaan Lainnya

Plt Kepala Dinas Dukcapil HSU Hj Ida Rimaliana mengatakan, pemusnahan ini telah berdasar, berita acara pemusnahan blangko KTP elektronik rusak/invalid ini dilaksanakan berdasarkan Kepada surat edaran menteri Dalam negeri nomor : 470.13/1176/SJ tertanggal 13 Desember 2018 tentang penatausahaan KTP-el yang rusak atau invalid.

“Karenanya untuk memenuhi surat edaran tersebut kami melaksanakan pemusnahan barang (KTP-el rusak/invalid)dengan cara dibakar, Barang tersebut juga telah diperiksa dan dinyatakan rusak atau valid dan tidak diperbolehkan untuk digunakan lagi, ” Katanya.

Namun ia menerangkan hal ini tidak berkaitan dengan menjelang pemilukada 2020 mendatang. Pihaknya akan terus melakukan pemusnahan serupa disetiap perdua minggu sekali agar KTP-el yang rusak atau invalid tidak bertumpuk-tumpuk nantinya. Sedangkan terkait, pengadaan blangko KTP-El, Ida menyebut selama pandemi covid 19 berlangsung pihaknya telah berkoordinasi dengan Disdukcapil Provinsi Kalimantan Selatan untuk pengadaan blangko tersebut sementara.

“Jika keadaan sudah mulai normal kembali maka Disdukcapil HSU akan melakukan pengadaan blangko KTP-EL kembali ke pusat,” jelasnya.

Sementara itu, Syahril selaku anggota DPRD HSU yang berhdir saat pelaksanaan pemusnahan mengakui, pemusnahan ini sudah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.” Dengan adanya pemusnahan ini, Ia mengharapkan agar nantinya dari KTP-EL yang telah rusak/invalid ini tidak ada yang memanfaatkannya untuk kepentingan tertentu,” Pungkasnya.

Pemusnahan disaksikan oleh anggota Komisi II DPRD Kabupaten HSU Syahril, Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil H Muslim serta Kabid pindah datang dan pendataan penduduk Disdukcapil HSU Hj Ida Astuti.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: adiyat
Editor: wandi

Tinggalkan Balasan