Kapolsek Kahayan Hilir tinjau lahan percontohan PLTB

Jajaran Polsek Kahayan Hilir foto bersama dengan pemilik lahan perkebunan yang dijadikan percontohan PLTB.(ist)

Pulang Pisau, kalselpos.comPolsek Kahayan Hilir meninjau lahan percontohan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) di Jalan WAD Duha RT 10 Desa Anjir Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau.

Bacaan Lainnya

Dalam peninjauan itu Kapolsek Kahayan Hilir Ipda Widodo SE, bersama anggotanya Aiptu I Wayan W, Aipda Rafli SH, Bripka Andi A, Brigpol Windu A dan Briptu Boby M, Senin (10/8) pukul 13.00 WIB – 14.00 WIB.

Kapolres Pulang Pisau, AKBP Yuniar Ariefianto, SH SIK MH melalui Kapolsek Kahayan Hilir, Ipda Widodo SE mengatakan, kegiatan kunjungan ini dalam rangka persiapan dijadikannya desa Isen Mulang atau desa pantang mundur ketahanan pangan.

Disebutkan, untuk kriteria desa Isen Mulang diantaranya memiliki ketahanan pangan yaitu lahan berupa pertanian, perkebunan, peternakan dan lainya.
Kemudian desa bebas Covid-19 dan bebas Karhutla.

“Lahan ini merupakan contoh bagi petani atau peladang, bahwa tidak semua membuka lahan gambut selalu harus membakar hutan atau lahan,” ujar Kapolsek Kahayan Hilir.

Lahan percontohan itu adalah milik Bambang Budi Hartono atau sering dipanggil Jadak dengan luas lahan sekitar 3 Ha dengan jenis tanaman singkong, kacang, pisang, tebu, lombok, terong dan buah-buahan.

Jadak juga mengembangkan peternakan sapi dan kambing. Sedangkan lahan yang digarapnya sudah 1 tahun lebih itu diakuinya, bukanlah lahan milik pribadinya, dia hanya meminjam dari Jambun yang tinggal di Banjarmasin.

Jadak juga menceritakan, awalnya lahan yang menjadi percontohan ini berupa hutan semak belukar, lalu dibuka dengan cara menebas semak belukarnya dan dibiarkan sampai mengering.

Pohon-pohon kayu yang ada ditebang menggunakan chain saw, kapak dan parang. Kemudian semak belukar yang sudah mengering disimpuk atau dikumpulkan jadi satu. Setelah itu di buat jalur atau baluran untuk tanaman.

“Hasil panen tanaman tersebut saya jual ke pasar Pulang Pisau, ada juga warga yang langsung datang ke lokasi kebun ini. Hasilnya cukup membantu untuk ekonomi rumah tangga saya,” ujar Budi Hartono.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Iwan Cavalera
Editor: Bambang CE

Tinggalkan Balasan