Doni Monardo : Arahkan Kepala Daerah gandeng Tokoh berpengaruh Tangani Covid-19.

H.Sudian Noor Bupati Tanbu di Dampingi Hj. Sadariah Ketua TP PKK Tanbu

Batulicin, kalselpos.com – Dalam rangkaka percepatan penanganan Covid-19 yang terarah, perlu dilakukan pendekatan dan memilih orang orang yang dapat dipatuhi oleh masyarakat. Dalam hal ini, tanpa harus pejabat dari pemerintah pusat atapun Gubernur dan Bupati atau Walikota yang menjadi lambang penggerak. 

Akantetapi, lebih tepat nya dengan mencari  orang orang yang secara non formal mampu memberikan pengaruh yang luar biasa bagi masyarakat, dalam hal ini adalah tokoh setempat yang berpenggaruh. 

Bacaan Lainnya

Demikian disampaikan Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo, dalam rapat koordinasi realisasi pencapaian target APBD tahun 2020 dan Sosialisasi penggunaan Masker untuk perubahan adaptasi baru ditengah pandemi Covid-19 melalui video confrence bersama Gubernur dan Bupati Walikota se Indonesia, Senin (10/08/2020).

“Seperti halnya Bapak Presiden menugaskan Ibu Ketua Umum Tim Penggerak PKK yang menjadi pelopor. Kenapa ini penting dan strategis kerena sebagian masyarakat kita sangat patuh kepada orangtua, khususnya ibu mereka,” ujar Doni Monardo.

Meski itu lanjutnya, kehadiran Ketua Tim Penggerak PKK Nasional diharapkan mampu menjadi bagian yang sangat strategis dalam upaya sosialisasi Covid-19 ini.

Dijelaskan nya, terkait dengan Covid-19 bukanlah rekayasa ataupun sebuah konspirasi, dimana Covid-19 ibaratkan malaikat pencabut nyawa kerena korban telah mencapai lebih dari 700 ribu orang akibat penularan virus tersebut.

“Kita belum tahu ini kapan akan berakhir, saat ini kita masih bersaha untuk mendapatkan vaksin, namun untuk sementara ini tugas kita adalah berupaya melindungi kelompok yang rentan, pertama adalah mereka yang berusia diatas 60 tahun, kenapa demikian karena 85 persen angka kematian adalah mereka yang berusia diatas itu dan memiiki riwayat penyakit seperti hipertensi, diabetes, jantung, asma, kanker dan ginjal,” jelasnya.

Dengan demikian terang Donny, manakala diantaranya mampu melindungi kelompok rentan ini maka paling tidak bisa memberikan pelidungan 85 persen bagi warga masyarakat, termasuk juga upaya yang lebih serius yang harus diberikan Dinas Kesehatan baik ditingkat provinsi maupun kabupaten kota untuk mampu memberikan perlindungan kepada para dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya .

“Kita semua melihat data, bahwa tidak sedikit dokter atau tenaga kesehatan yang dianggap pahlawan kemanusiaan wafat saat bertugas,” terangnya.

Dia berharap kepada pihak pimpinan di daerah agar bisa menyusun SOP tentang perlindungan agar para dokter dan para tenaga kesehatan untuk bisa terselamatkan dalam menjalankan tugas.

“Para dokter harus dijadikan sebagai benteng pertahanan terakhir di negara kita dibidang kesehatan, sedangkan ujung tombak dalam upaya penanganan ini adalah masyarakat,” tuturnya.

Kemudian strategi lainnya, penanganan harus dibangun sebuah kolaborasi yang berbasis komunitas, dengan melibatkan komponen yang ada, baik komponen pemerintahan pusat yang ada di daerah, termasuk komponen pemeritah daerah sendiri.

“Hal ini termasuk, akademisi dan juga kelompok masyarakat yang berbasis organisasi, termasuk media. Apabila ini dilakukan maka kita akan bisa mempercepat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Usai vidcon berlangsung, Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor mengajak ASN di jajarannya serta masyarakat agar memperhatikan kondisi ruangan rumah ataupun ruang kerja.

Diharapkan nya, pada setiap ruangan harus ada jeda yang harus dibuka untuk bisa mengatur sirkulasi udara dalam ruangan tersebut. 

“Tak hanya diluar saja, tidak menutup kemungkinan diruang ber AC tertutup akan berpotensi penyebaran virus ini, karena beberapa kasus yang terdengar terjadi dalam satu kantor, justru orang yang banyak dalam ruangan terpapar virus tersebut.

Pada Rakor dalan Vidcom tersebut di buka langsung oleh Mendagri Tito Karnavian, sedangkan di Gugus Induk Covid-19 Tanbu,  selain Bupati Tanbu turut pula disaksikan Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu Hj. Sadariah di Kantor BPBD Tanbu. 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Kristiawan
Editor : Aspihan Zain

Pos terkait