Pelanggar Wajib Masker di Banjarmasin, Siap-siap Didenda

Resmi, Pemko Banjarmasin akan kenakan sanksi denda uang tunai bagi pelanggar protokol kesehatan di Kota Banjarmasin (dok)

Banjarmasin, kalselpos.com – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin telah remsi menetapkan beberapa sanksi termasuk sanksi berupa denda terhadap warganya yang melanggar protokol kesehatan, diantaranya tidak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

Kepala Dinas (Dinkes) Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi membeberkan, bahwa sanksi tersebut sudah diatur dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Banjarmasin Nomor 60 tahun 2020. Dalam buku pedoman pelaksanaan dan penegak hukum protokol kesehatan pada masa pendemi wabah Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Warga yang melanggar harus membayar denda sebsar Rp 100 ribu,” bebernya dihadapan awak media, Senin (10/08/2020) siang.

Namun, menurutnya, sanksi berupa denda uang tunai itu bukanlah sanksi yang diutamakan. Pasalnya masih ada sanksi lain sebelum denda tersebut dikenakan kepada pelanggar.

“Ada beberapa sanksi lain selain denda, yakni berupa sanksi lisan, tertulis, atau sanksi menjalankan pekerjaan sosial seperti membersihkan tempat fasilitas umum,” jelasnya.

Kepala Dinkes yang akrab disapa Machli itu menjelaskan, sebelum mengenakan denda, pihaknya terlebih dahulu mengedepankan upaya persuasif dan edukatif kepada si pelanggar.

“Memang sanksi denda ini sudah ditetapkan Pemko, ini adlah upaya terakhir. Tidak serta merta kita langaung menerapkan denda ini. Kita akan mengedepankan upaya persuasif dalam mengedukasi masyarakat tentang perwali ini,” tukasnya.

Kendati bagitu, mantan Wadir Administrasi dn Keuangan RSJ Sambang Lihum itu mengatakan, dalam Perwali tersebut belum diatur akan dikemanakan uang hasil denda tersebut.

“Yang jelas uang denda yang akan terjadi sumber pendapatan atau ke kas daerah, dan masyarakat membayarnya melalui e-tilang,” ungkapnya.

Di samping itu, ia berpendapat, bahwa penerapan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan itu merupakan dorongan bagi masyarakat agar selalu taat dan disiplin menjalankan upaya untuk menghindari paparan virus Corona atau Covid-19.

Machli mengaku, saat ini pihaknya tengah gencar-gencarnya melakukan sosialisasi terkait hal tersebut kepada warga yang tinggal di kota dengan gelar Bumi Kayuh Baimbai itu.

“Dalam penegakan disiplin ini, nanti kita sosialisasikan terlebih dahulu secara berjenjang kepada warga,” ujarnya.

Sedangkan untuk aparat pengawasan serta penegakkan Perwali tersebut pihaknya akan memakai petugas dari Satpol-PP Kota Banjarmasin dibantu dengan aparat dari TNI-Polri.

“Dalam penerapannya kita menugaskan aparat gabungan untuk bisa mengawasi penerapan disiplin protokol kesehatan ini di masyarakat,” tandas Machli.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri