Kalsel ditetapkan sebagai penyelenggara MTQ Nasional Tahun 2022

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor (tengah) foto bersama usai menerima SK ditunjuknya Kalsel sebagai tuan rumah MTQ Nasional tahun 2022 mendatang.(ist)

Banjarmasin, kalselpos.com –  Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan 
Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Ke-29 tahun 2022. Dipilihnya Kalsel sebagai tuan rumah MTQ ini merupakan sebuah sejarah karena terakhir kali Kalsel menjadi tuan rumah pada perhelatan MTQ ke 3 tahun 1970 silam.

“Alhamdulillah Kalsel kembali menjadi penyelenggara MTQ tingkat nasional, setelah 50 tahun yang lalu Kalsel dipercaya tuan rumah MTQ Nasional yang ke 3,” kata Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor di Mahligai Pancasila Minggu (9/8) malam usai menerima SK Nomor 442 tanggal 20 Mei Tahun 2020 yang diserahkan Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama, Ahmad Juraidi.

Bacaan Lainnya

Paman Birin berkomitmen untuk menyukseskan MTQ  pada tahun 2022 mendatang. “Mohon doa dan dukungan masyarakat agar dapat melaksanakannya dan meraih prestasi,” harap Paman Birin.

Paman Birin juga mengucapkan syukur atas direstuinya Banua menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ nasional. “Walau waktu masih panjang namun persiapan akan mulai kita lakukan sejak sekarang,” katanya.

Sementara itu, Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama, Ahmad Juraidi mengatakan, penetapan tuan rumah MTQ Nasional memerlukan proses yang panjang. Ada beberapa tahapan, diantaranya adanya keinginan kuat dari calon tuan rumah.

“Kalsel Dua kali mengirim surat, pertama 2018 sudah memohon, kemudian 2020 ini memohon kembali, Alhamdulillah akhirnya Kementerian Agama memutuskan MTQ Nasional ke 29 dilaksanakan di Kalsel,” katanya.

Poin penting terpilihnya Kalsel sebagai tuan rumah MTQ adalah komitmen kepala daerah yang memenuhi persyaratan yang ditentukan agar dapat dipilih sebagai tuan rumah. “Komitmen kepala daerah merupakan catatan penting pemilihan Kalsel sebagai  tuan rumah MTQ,” kata Juraidi.

Ditambahkan Juraidi, faktor lain yang menentukan adalah kemampuan dan pengalaman daerah penyelenggara kemudian fasilitas yang tersedia, dukungan masyarakatnya dan anggaran yang tersedia.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando/rilis
Editor: Bambang CE

Tinggalkan Balasan