Berita Nomor 7 , dari 10 Berita Paling Banyak Dibaca Dalam Sepekan :HSS Bakal Laksanakan Swab Masif Covid-19‎

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kesbangpol Kabupaten HSS, Roni Rusnadi.(Sofan)‎

Berita Nomor 7 , dari 10 Berita Paling Banyak Dibaca Dalam Sepekan :HSS Bakal Laksanakan Swab Masif Covid-19‎

Kandangan, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) akan melakukan swab masif Covid-19 secara serentak se-kabupaten/kota se-kalsel pada 14 hingga 17 Agustus 2020 mendatang.‎

“Dalam swab masif Covid-19, berdasarkan perhitungan sementara kita mendapatan jatah sebanyak ‎635 sampel,” ujar Ketua Pelaksana Swab Masif Kabupaten HSS, Roni Rusnadi, Kamis (6/8).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Roni, program swab masif ini adalah program Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang diketua oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kalimantan Selatan (Kalsel) termasuk di Kabupaten HSS.

Menurutnya, dalam pelaksanaa
n swab masif Covid-19 pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas dan pengunaan disesuaikan dengan arahan pihak provinsi kalsel‎ yang sampelnya akan digunakan bagi orang-orang yang pernah kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

“Jadi pengunaan swab nanti tidak sembarang, tetapi secara terukur artinya orang yang pernah konta erat dengan pasien positif Covid-19, baik keluarga, teman-teman baik pegawai negeri maupun swasta,” ujarnya.

Jika dalam pelaksanaan swab masif sampelnya lebih, maka bisa digunakan kepada orang atau pasien yang suspek atau PDP dan diarahkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) kalau diperlukan. “Secara teknis pelaksanaan swab masif nanti akan di atur oleh Dinas Kesehatan,” ujarnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sofan
Editor : Wandi