Dipangkas 17 Miliar, 4 Program Prioritas Masyarakat dan Desa Tetap Berjalan

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalsel, Zulkifli MP saat memberikan keterangan pers kepada awak media usai rapat bersama Komisi I DPRD Kalsel. (dik)

Banjarmasin, kalselpos.com – Meski terdapat pemangkasan anggaran sebesar Rp 17 miliar terkait kemasyarakatan pedesaan di Kalimantan Selatan (Kalsel) imbas dari percepatan penanganan Covid-19.

Namun 4 program skala prioritas tetap berjalan dengan 30 kegiatan, di antaranya memfasilitasi adat istiadat, melakukan penanganan perekonomian desa dan peningkatan kapasitas Kepala Desa.

Bacaan Lainnya

“Kendati terdapat pengurangan anggaran, pihaknya tetap memprioritaskan program yang masih dipertahankan agar terus berjalan,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalsel, Zulkifli MP kepada kalselpos.com usai rapat bersama Komisi I DPRD Kalsel, Jumat (07/08).

Dengan berbagai pertimbangan dana untuk penanggulangan Covid-19 terdapat pengurangan anggaran, hal ini telah disepakati bersama Bappeda Kalsel.

Sementara, terkait bantuan anggaran dari pemerintah pusat, hingga sekarang masih tetap berjalan seperti biasa dan tidak mengalami pemangkasan

“Dana pusat tidak ada pengurangan, bahkan mengalami peningkatan terutama untuk dana desa,” paparnya.

Di tahun 2015, lanjut Zulkifli, sebanyak Rp 800 juta dan saat ini meningkat sekitar Rp 1,5 triliun, kemudian tahun 2020 berkisar Rp 1,12 triliun melalui APBN, dana tersebut diperuntukkan 1864 desa di Kalsel.

Kendati terdapat 1 desa mengalami penghapusan, akan tetapi masih terdaftar secara administrasi, alhasil dana 1 desa tersebut tidak bisa dimanfaatkan.

“Alhamdulillah untuk dukungan anggaran melalui APBN tidak ada pemangkasan, malah jumlahnya terus meningkat,” terang pria ramah ini.

Selain itu, untuk pencapaian penyerapan dana desa hingga saat ini mencapai tahap ke 2, dan untuk tahap 3 masih dalam proses ditambah pada bulan ketiga mendatang akan ada penambahan Bantuan Langsung Tunai (BLT), pungkasnya”.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sidik Alponso
Editor : Muliadi

Tinggalkan Balasan