Lanal Kotabaru sosialisasikan Alat Kesehatan dan Keselamatan Melaut bagi Nelayan

Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) bagi mayoritas warga nelayan yang berada di Desa Rampa Lama Kabupaten Kotabaru, Selasa (4/8).

Kotabaru, kalselpos.com – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto S, S.T. menghadiri kegiatan Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) bagi mayoritas warga nelayan yang berada di Desa Rampa Lama Kabupaten Kotabaru, Selasa (4/8).

Bacaan Lainnya

Sosialisasi ini bertempat di Aula Kantor Desa Rampa Lama dan dihadiri Pjs. Paspotmar, Kepala Desa Rampa Lama, ketua Insan dan para nelayan.

Yang mana kegiatan ini sangat penting sekali sebagai bentuk respon TNI AL dalam halal ini Lanal Kotabaru guna memberikan himbauan dan edukasi kepada para nelayan yang ada di Kotabaru dimana saat ini dengan cuaca ekstrem angin kencang dan gelombang laut yang tinggi diharapkan bisa mengurangi angka laka laut bagi nelayan. 

Dalam keterangannya Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto S, S.T. mengatakan bahwa, hampir setiap tahunnya kejadian laka laut sering kali terjadi maka dari itu ini boleh terulang lagi.

“Nelayan adalah sebagai aktor perikanan maka dari itu hendaknya dapat mengantisifasi bila menagalami musibah kecelakaan dalam beraktivitas menangkap ikan di laut untuk itu melalui Binpotmar untuk mensosialisasikan alat keselamatan berlayar kepada para nelayan tangguh Saijaan,” ucap Danlanal.

Untuk diketahui bahwa ada berberapa faktor penyebab kecelakaan kapal nelayan diantaranya kurangnya kesadaran awak kapal tentang keselamatan pada saat melaut, kapal tidak dilengkapi peralatan keselamatan, alat komunikasi, kondisi kapal yang tidak baik, dan tidak mengetahui cuaca buruk saat melaut.

Selain melaksanakan sosialisasi alat keselamatan berlayar, Danlanal juga memberikan bantuan berupa Alat Kesehatan (Alkes) berupa hand sanitizer, masker dan alat keselamatan perorangan berupa swimvest.

Selain pentingnya menjaga keselamatan diri saat melaut,  nelayan beserta keluarganya juga diharapkan ikut disiplin dalam melaksanakan protokoler kesehatan dimana Pemerintah Daerah masih melaksanakan uji coba New Normal.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Muliana
Editor : Aspihan Zain

Pos terkait