Hasil Swab Ibnu Sina Sengaja Baru Diumumkan, ini Penjelasannya

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina mengumumkan hasil swab miliknya yang menyatakan bahwa dirinya negativ Covid-19 (ist)

Banjarmasin, kalselpos.com – Pasca sempat bertemu dengan Walikota Banjarbaru, Nadjmi Adhani sebelum dinyatakan terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) pada Senin (27/7/2020), Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengumumkan kondisi terkini dirinya.

Melalui jumpa pers bersama awak media di Balai Kota Banjarmasin pada Selasa (4/8/2020) sore, Ibnu Sina menyatakan bahwa dirinya negatif mengidap virus berbahaya asal Wuhan, Tiongkok tersebut.

Bacaan Lainnya

Terlebih lagi, orang nomor satu di Kota Seribu Sungai itu telah menjalani pengambilan sampel lendir sebanyak dua kali. Hal itu terlihat dari dua surat hasil swab sang Walikota yang dikeluarkan oleh RSUD Sultan Suriansyah.

Pertama, surat itu keluar pada 30 Juli 2020 yang sebelumnya dilaksanakan swab di Rumah Dinas Walikota Banjarmasin. Kedua, surat itu keluar tertanggal 4 Agustus yang dilakukan di RSUD Moch Ansari Saleh Banjarmasin.

Ibnu pun terang-terangan mengakui bahwa sebenarnya dirinya langsung melakukan tes swab pada Selasa (28/7/2020) atau sehari pasca Walikota Banjarbaru resmi dinyatakan positif Covid-19.

Padahal, pada Rabu 29 Juli lalu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin menyatakan bahwa Ibnu Sina tak akan dijadwalkan swab.

“Sengaja hasil ini baru diumumkan, karena saya dua kali melaksanakan tes swab. Hasilnya alhamdulillah keduanya negatif,” ucap Ibnu Sina.

Ibnu menyatakan, pelaksanaan tes swab ini merupakan keinginan dirinya sendiri. Mengingat, sebelumnya Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin menyatakan tak ada menjadwalkan tes swab untuk sang pimpinan.

Sebab, Ibnu dianggap tak melakukan kontak erat dengan Nadjmi Adhani saat bersua pada agenda kedatangan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian di Gedung Mahligai Pancasila belum lama tadi.

“Ini permintaan saya sendiri, karena dari rekomendasi Dinkes sudah lewat kan 9 hari. Tetapi daripada hal yang lebih buruk terjadi, jadi saya inisiatif,” ujarnya.

Selain itu, Ibnu menyatakan bahwa orang dekatnya seperti ajudan hingga keluarga tak dilakukan tes swab. Ia menegaskan, yang menjalankan tes swab hanyalah dirinya sendiri.

“Karena mereka juga tidak langsung kan kontaknya. Kontaknya itu kan ke saya sebetulnya. Kalau misalkan itu sudah selesai, ya mereka berarti aman,” tuturnya.

Atas hasil itu, Ibnu menyatakan akan terus meningkatkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak aman, sesuai arahan yang diberikan tim medis Kota Banjarmasin.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Hafidz
Editor : Zakiri