21 Sekolah di Banjarmasin Terima Penghargan Adiwiyata

Penyerahan penghargaan Adiwiyata kepada 21 sekolah yang telah disiplin dalam menjaga dan mengelola lingkungan sekolah (Fudail)

Banjarmasin, kalselpos.com – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin memberikan penghargaan Adiwiyata kepada 21 sekolah yang dianggap berhasil menangani pengelolaan kebersihan termasuk pengelolaan sampah dan program berbasis lingkungan lainnya.

Penyerahan diberikan lansung oleh Wali Kota Banjarmasin, Wakil Wali Kota Banjarmasin serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin kepada perwakilan sekolah yang menjadi penerima penghargaan, di panggung siring Balai kota Banjarmasin, Rabu (05/08/2020) siang.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, mengatakan, bagi sekolah yang sudah mendapatkan penghargaan Adiwiyata di tahun 2020 tingkat kota tersebut merupakan salah satu bentuk penghargaan Pemerintah Kota Banjarmasin atas sikap disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

“Sekolah yang mendapat penghargaan kali ini merupakan sekolah yang sudah menerapkan disiplin bagi siswa dan guru untuk mengelola lingkungan agar lebih bersih,” jelasnya kepada wartawan.

Oleh karena itu, ia melanjutkan, penghargaan adiwiyata ini menjadilan sekolah sebagai salah satu pilar dari kotabynag berjuluk Bumi Kayuh Baimbai itu untuk menjadikan lingkungan bersih dan nyaman atau Banjarmasin Baiman.

“Penghargan seperti ini sudah dilksanakan dalam setiap tahunny, Alhamdulillah tahun ini banyak 21 sekolah yang dapat penghargaan Adiwiyata ini,” Ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Tata Lingkungan Kota, DLH Kota Banjarmasin, Dwi Nanik menerangkan, sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata ini dinilai dari tingkat Kota sudah mempunyai Aplikasi.

“Setiap sekolah harus mengisi aplikasi, dan itu pun harus dengan nilai 70,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, di tahun ini usulan sekolah yang masuk ada sekitar 30 sekolah, namun hanya 21 sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata tersebut.

“Edukasi yang terpenting jika ingin mendapatkan penghargaan Adiwiyata ini. Seperti belajar untuk membuang sampah seperti buang Kertas harus tempat bak sampah kertas, kalo sampah plastik bak sampah plastik, jika sisa sampah makan maka harus masukan di organik,” jelasnya.

Kepala Dinas lingkungan hidup kota Banjarmasin, Mukhyar mengaku, sangat mengapresiasi kepada sekolah yang telah menjaga lingkungan lebih bagus, apalagi sudah bisa memilah sampah dan bisa mengurangi sampah kantong plastik.

“Bagi sekolah yang belum mendapatkan penghargaan Adiwiyata ayo lebih semangat lagi untuk bisa lebih menjaga lingkungan lebih bersih lagi,” ajaknya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri