Kabar Gembira, Pemko Siapkan Pulsa Internet hingga Wifi Gratis untuk Siswa Belajar di Rumah

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto (dok)

Banjarmasin, kalselpos.com – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin memutuskan untuk membantu guru dan siswanya dengan memberikan fasilitas internet gratis guna melancarkan proses pembelajaran di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang saat ini terjadi.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto mengatakan, kebijakan itu dikeluarkan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran dari rumah sebagai akibat dari meningkatnya dampak penyebaran virus yang menginfeksi jaringan pernafasan manusia tersebut.

Bacaan Lainnya

“Baru-baru ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Makarim mengeluarkan pernyataan bahwa Bantuan Operasional Sekolah (BOS) boleh digunakan untuk membeli kuota internet guru dan siswanya,” ungkapnya, Senin (03/08/2020) kepada wartawan.

Sehingga, saat ini Disdik Banjarmasin tengah mensosialisasikan keputusan Mamdikbud tersebut ke setiap sekolah yang ada di kota dengan julukan Bumi Kayuh Baimbai ini.

Ia menjelaskan, penggunaan dana BOS itubsendiri dituangkan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Sehingga besar kecilnya anggaran tersebut tergantung dari perencanaan yang dibuat oleh sekolah masing-masing.

“Kita telah menyerahkan kebijakan itu kepada sekolah masing-masing, apakah memanfaatkan kesempatan tersebut atau tidak,” ujarnya.

Pria dengan sapaan Totok itu juga tidak memungkiri kesulitan yang dihadapi para guru dan siswanya di lapangan, namun terlebeih dahulu pihaknyaperlu menganalisa besaran dari keperluan pulsa siswa selama mengikuti pembalajaran secara daring.

“Kesulitannya, pihak sekolah perlu menganalisa dulu. Lalu pertanggung jawabannya dananya, karena sekolah juga belum memiliki pengalaman mengelola dana untuk pulsa dalam keperluan mengajar ini,” tambahnya lagi.

Menurutnya, jika tetap dipaksakan turun belajar tatap muka, ia mengkhawatirkan akan terjadi penyebaran virus corona lebih parah lagi saat proses belajar mengajar berlangsung.

“Hal itu bisa menjadikan keadaan menjadi lebih buruk lagi, Makanya saat ini Pemerintah Kota Banjarmasin masih belum bisa membuka sekolah,” jelasnya

Selain itu, ia melanjutkan, saat ini Pemko tengah mengupayakan cara lain agar bisa memudahlan proses pembelajaran secara daring tersebut berjalan lancar. Seperti memasang Wifi gratis yang nantinya akan tersebar di beberapa lokasi di Kota Baiman itu.

“Proses pengadaan Wifi gratis ini berjalan dengan menggandeng pihak ketiga,” tukasnya.

Ia membeberkan, bahwa Wifi gratis itu lantinya akan ditempatkan di setiap Kecamatan yang diperkirakan terdapat mutid dan penduduknya paling banyak,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri