Hindari Mafia Tanah, BPN Bagikan Sertipikat

Sekda Pemkab Batola H Abdul Manaf didampingi Kabag pemerintahan, Dahtiar Fajar serta unsur terkait lainnya di ruang monitoring centre setara network Diskominfo Batola.

Marabahan, kalselpos.com– Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor me-launching kegiatan sosialisasi pencegahan mafia tanah dan penyerahan sertipikat tanah secara daring melalui sambungan Video Conference (Vicon) di Gedung Idham Chalid perkantoran Setdaprov Kalsel Banjarbaru.

Bacaan Lainnya

Kabupaten Barito Kuala (Batola) Vicon diikuti Sekda H Abdul Manaf didampingi Kabag Pemerintahan Setda Batola Dahtiar Fajar, serta unsur terkait lainnya di ruang monitoring centre setara network Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Batola.

Dalam acara, Gubernur yang akrab disapa Paman Birin menyerahkan 12 ribu sertipikat tanah gratis kepada masyarakat. Barito Kuala diwakili seorang warga Desa Indah Sari Kecamatan Mekarsari, Yusuf.

Selain membagikan sertipikat tanah Gubernur Kalsel didampingi Kakanwil BPN Kalsel Alen Saputra juga membuka Sosialisasi pencegahan mafia tanah.

“Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat pemilik tanah agar mendapatkan kepastian hukum atas aset tanah yang dimiliki,” papar gubernur, (29/07/20).

Gubernur menghimbau, para kades agar taat prosedur dalam memberikan surat keterangan tanah (SKT).

Selain itu para kades juga diharapkan taat terhadap prosedur dan ketentuan guna menghindari terjadinya tumpang tindih kepemilikan.

Dengan demikian diharapkan tidak menimbulkan masalah hukum dan menyulitkan BPN dalam membuat sertipikat nantinya.

Kakanwil BPN Kalsel Alen Saputra mengutarakan, target tahun ini terdapat 116.500 bidang tanah.

Sedangkan untuk mengantisipasi mafia, sebutnya, maka dilakukan sosialisasi untuk masyarakat dalam memanfaatkan tanah dan mengurus surat serta tanda batas maupun sertipikat.

“Ada sosialisasi untuk masyarakat memanfaatkan tanahnya dan mengurus surat dan tanda batas serta sertipikat, sehingga mengurangi mafia tanah beraksi,” ucapnya.

Barito Kuala memang berkomitmen dalam mensukseskan program pemerintah yaitu Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang digagas Presiden Joko Widodo.

Batola sendiri telah menyerahkan 417 sertipikat tanah gratis kepada masyarakat, termasuk 117 sertipikat yang di bagikan di kegiatan ini.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

Penulis : Muliadi

Pos terkait