Bupati Tabalong Resmikan Kilang Penggilingan Padi yang didirikan Babinsa Kodim 1008/Tjg

RESMIKAN-Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani meresmikan langsung Kilang Penggilingan Padi Antasari Jaya Desa Bangkiling, Kecamatan Banua Lawas pada senin (3/8).(ist)

Tanjung, kalselpos.com– Desa Bangkiling selama ini mengandalkan sektor pertanian dalam ekonomi warganya, tidak mengherankan bila di desa ini terdapat ratusan hektar areal persawahan.


Namun penggilingan padi masih menjadi kendala bagi warga desa untuk memproses hasil panen mereka, jarak yang jauh dengan lokasi penggilingan yang ada dan antrian panjang karena masih sedikitnya jumnlah penggilingan menjadi kendala utama.

Bacaan Lainnya

Melihat kondisi tersebut muncul gagasan dari Babinsa Koramil 06/Banua Lawas Kodim 1008/Tanjung, Sertu Jarudin untuk membangun kilang penggilingan Padi dengan kapasitas 5 mesin, 3 mesin pemecah dan 2 mesin pemutih.

Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani sendiri yang meresmikan langsung Kilang Penggilingan Padi Antasari Jaya Desa Bangkiling, Kecamatan Banua Lawas pada senin (3/8).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan upaya yang dilakukan TNI ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, Ia mengucapkan terimakasih kepada Dandim Tanjung beserta jajaran serta berharap program ini dapat dilanjutkan di wilayah-wilayah lain.

“Sebagian besar kelebihan produksi beras kita dari Kecamatan Banua lawas,” terang Bupati.

Bupati menambahkan, setelah panen yang terpenting bagi masyarakat adalah melakukan penjemuran dan penggilingan padi, adanya kilang penggilingan padi ini diharapkan dapat membantu meringankan proses pengerjaannya.

“Kami resmikan Penggilingan Padi Antasari Jaya di Desa Bangkiling Kecamatan Banua Lawas, semoga Allah SWT meridhoi usaha kita dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” Ucap Bupati Tabalong.

Dandim 1008/Tanjung, Letkol Inf. Ras Lambang Yudha mengapresiasi dan mengucapkan Terimakasih kepada Babinsa Sertu Jarudin beserta seluruh unsur terkait yang telah membantu mendirikan kilang padi.

“Terimakasih kepada Babinsa dan seluruh unsur terkait yang telah membantu mendirikan kilang padi yang kita resmikan ini,” Ucap Dandim.

Dandim juga berharap dengan adanya kilang Padi Antasari Jaya ini, mudah-mudahan kedepan sudah tidak ada lagi masyarakat yang harus menunggu mengantri lama dan terpenting dapat mengurangi beban masyarakat.

Kemudian dilanjutkan dengan pemecahan kendi sebagai simbolisasi peresmian Kilang Penggilingan Padi Antasari Jaya oleh Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani di dampingi Dandim 1008/Tjg Letkol Inf Ras Lambang Yudha.

Acara juga turut di hadiri oleh Camat Banua Lawas, Para Danramil jajaran Kodim 1008/Tanjung, Forkopinca Kecamatan Banua Lawas, Kepala Desa, Tokoh Agama, Kelompok Tani, serta masyarakat setempat.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis:ali
Editor:wandi