Sasaran Swab Test masif bukan untuk masyarakat Umum

Roy Rizali Anwar

Banjarbaru, kalselpos.com – Pemprov Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bekerjasama dengan TNI-Polri  bakal melakukan swab test masif dengan fokus kepada kontak erat positif yang telah teridentifikasi.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, Roy Rizali Anwar, saat rapat pembahasan petunjuk teknis pelaksanaan swab test di berbagai kabupaten/kota, Rabu (29/7) di BPBD Provinsi Kalsel.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan swab akan dilakukan secara masif di berbagai kabupaten kota, sasaran utama yang akan menjalani tes adalah para kontak erat positif yang telah diidentifikasi,” kata Roy.

Ditekankan oleh Roy, swab test masif ini bukan mencari kuantitas namun kualitas agar hasil yang didapatkan sesuai yang diharapkan. “Sasaran swab test masif bukan masyarakat umum, namun fokusnya kepada para kontak erat dengan orang yang terpapar Covid-19 termasuk para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanganan Covid-19,” ungkap Roy.

Masing-masing kabupaten/kota akan mendapatkan jatah swab test sesuai kebutuhan di daerah tersebut. Banjarmasin mendapatkan kuota swab test terbanyak karena daerah tertinggi kasus positif yakni sebanyak 1488 specimen.

Secara rinci disebutkan Balangan 801 specimen, Banjarbaru 872 specimen, Tala 782 specimen, Batola 887 specimen, HSS 716 specimen, Tapin 490 specimen, HSU 615 specimen, Banjar 508 specimen, Tabalong 609 specimen, Tanah Bumbu 489 specimen, HST 944 specimen dan Kotabaru 339 specimen.

Jumlah total 10 ribu specimen swab test se Kalsel, direncanakan digelar pertengahan Agustus mendatang.

Tujuan swab test besar-besaran ini untuk mencari kasus positif yang masih belum ditangani.

“Jika hasil tesnya positif akan segera kita tangani untuk disembuhkan baik karantina khusus, atau isolasi mandiri. Apabila yang positif sudah ditemukan semua dan kita pisahkan dengan yang negatif maka penyebaran wabah bisa ditangani,” pungkas Roy.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando/rilhum
Editor: Bambang CE