Masjid Noor Terima Sapi Limosin Dari Jokowi

Sapi Limosin seberat 875 Kg diberikan Presiden Jokowi untuk panitia Qurban Masjid Noor Banjarmasin (Ahmad Fauzie)

Banjarmasin, kalselpos.com – Masyarakat Kota Banjarmasin, khususnya yang berada di kawasan Masjid Noor, Jalan Pangeran Samudera Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin, menyambut gembira pelaksanaan hari raya kurban tahun ini.

Pasalnya panitia di masjid tersebut menerima seekor sapi kurban jenis Limosin dari presiden Joko Widodo,Kamis (30/7/2020) siang.

Bacaan Lainnya

Sapi Limousin yang memohnyai berag 875 Kg itu diserahkan melalui Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor.

Penyerahan sapi secara simbolis oleh Paman Birin kepada Ketua Panitia Qurban Masjid Noor Banjarmasin (Ahmad Fauzie)

Selain menyerahkan sapi dari Presiden, pria yang akrab disapa Paman Birin itu juga menyerahkan 1000 buah bakul dan besek guna mengurangi penggunaan kantong plastik.

Ia juga menghadirkan petugas kesehatan hewan untuk memantau jalannya proses penyembelihan hewan kurban.

Orang nomor satu di Kalsel itu mengaku telah diamanahi Presiden Jokowi untuk menyerahkan bantuan sapi tersebut.

“Saya hanya menyampaikan amanah dari Bapak Presiden Jokowi untuk menyerahkan sapi ini, dan tahun ini merupakan giliran Masjid Noor yang mendapatkan bantuan sapi kurban,” ucap Paman Birin usai menyerahkan sapi Limousin.

Kemudian, adanya larangan Gubernur tentang penggunaan kantong plastik dalam pembagian daging hewan kurban juga ditekankan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana.

Menurutnya, sebagai ganti kantong plastik adalah bakul dan besek yang terbuat dari tanaman Purun

“Sebab selain ramah lingkungan penggunaan purun juga untuk meningkatkan perekonomian para pengrajin purun di daerah kita,” ungkapnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, Suparmi menjelaskan, sapi limosin sumbangan presiden ini merupakan sapi juara hasil kontes yang digelar di Kabupaten Tapin beberapa waktu lalu.

Sementara selaku panitia Qurban Masjid Noor, KH.Ahmad Supian menyebutkan, pelaksanaan kurban dijadwalkan pada hari Sabtu dan pelaksanaannya diserahkan ke petugas Rumah Potong Hewan (RPH).

“Kita menjadwalkan penyembelihan sapi ini dilakukan pada hari Sabtu, dikaranakan Hari Jumat waktunya sangat mepet,” ujar Ahmad Supian.

Sapi tersebut, sambung Ahmad Supian, tidak di sembelih di Mesjid Noor, melainkan di RPH yang ada di Basirih.

“Kita minta petugas untuk menyembelih sapi ini di Rumah Potong Hewan saja guna menghindari terjadinya kerumunan guna mehindari penularan Covid-19,” sebut pria yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus dan Pengelola Masjid Noor Banjarmasin.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Zakiri