Pemprov Kalsel akan lakukan Revitalisasi BUMDesa

Kepala DPMD Kalsel, Zulkifli ketika diwawancarai wartawan.(ist)

Banjarbaru,kalselpos.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) akan melakukan kegiatan revitalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalsel , Zulkifli menuturkan, dari 1.426 BUMDesa di Kalsel, sebanyak 62, 83 persen sudah teregistrasi di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Bacaan Lainnya

Registrasi BUMDesa sangat penting agar kementerian dapat memberikan pendampingan dan pembinaan. 

Zulkifli mengungkapkan, jumlah desa di Kalsel sebanyak 1.864 desa dari 11 kabupaten. Dalam hal ini, sebanyak 896 BUMDesa sudah melakukan registrasi.

“Kita sedang berupaya melakukan revitalisasi BUMDesa. Sehingga tahun depan melalui APBD Kalsel diusulkan anggaran sebesar 1,564 miliar rupiah untuk revitalisasi BUMDesa,” ujarnya di Banjarbaru, Rabu (29/7/2020).

Anggaran tersebut, sambungnya, dialokasikan bagi BUMDesa di 11 kabupaten yang sudah menyampaikan proposal pengajuan dana penguatan modal BUMDesa.

Zulkifli menegaskan, ada beberapa syarat bagi BUMDesa untuk kegiatan revitalisasi. Syaratnya adalah, berdiri berdasarkan peraturan kepala desa (perkades), SK atau musyawarah desa (musdes),  beroperasi minimal 2 tahun , menghasilkan APBDes, dan mendapatkan rekomendasi dari kabupaten.

Berdasarkan data DPMD Provinsi Kalsel, dari 11 kabupaten, diantaranya menunjukkan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah telah memiliki BUMDesa yang semuanya teregistrasi atau 100 persen (132 desa).

Kemudian Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan total 144 BUMDesa dari 144 desa, 131 atau 90,97 persennya teregistrasi, Banjar dengan total  277 desa dan 183 BUMDesa, 89,62 persen atau sebanyak 164 unit telah teregistrasi, Tapin dengan 126 desa atau 126 BUMDesa, 100 unit atau 79,37 persen teregistrasi.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE