Pemkab HST Gelar Rakor dengan Forkopimda Bahas Antisipasi Virus Corona

RAKOR-Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Berry Nahdian Forqan gelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama unsur Forkopimda HST.(ist)

Barabai, kalselpos.com – Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Berry Nahdian Forqan gelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama unsur Forkopimda HST.

Bacaan Lainnya

Rakor kali ini membahas terkait, mengantisipasi penyebaran Covid-19 atau virus corona yang belum dapat diprediksi sampai kapan berakhirnya, serta adanya peningkatan kasus positif covid 19 di Kabupaten HST di Auditorum Kantor Bupati HST, kemarin.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Unsur Forkopimda HST, Para Asisten, Stap Ahli Bupati, Para Kepala BUMN/BUMD, Gapensi, Kadin, Para Camat, Kepala SOPD terkait dan undangan lainnya.

Kadinkes HST dalam laporannya menjelaskan, adanya peningkatan kasus positif covid 19 di Kabupaten HST ini dipicu oleh kelalaian atau kurangnya disiplin masyarakat, untuk mengikuti protokol kesehatan, yang salah satunya memakai masker apa bila keluar rumah, berkumpul banyak orang atau di tempat keramaian.

Wakil Bupati HST mengatakan, ada beberapa upaya dan tahapan yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Daerah HST mengenai kesiapsiagaan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Diantaranya, adanya SK tentang kesiapsiagaan antisipasi penyebaran Covid 19, adanya Surat Edaran tentang antisipasi bahaya Covid-19, dilakukan himbauan mengenai kewaspadaan bersama untuk mencegah penyebaran virus corona, adanya SK Bupati tentang penetapan status siaga bencana wabah corona dan adanya SK Bupati tentang pembentukan gugus tugas penanganan covid-19.

“Ini merupakan tahapan-tahapan untuk mengantisipasi virus corona,” katanya.

Berry juga menyampaikan, pihaknya sudah melakukan pemetaan wilayah yang rawan terkena covid-19, agar setiap wilayah dapat mengantisipasi dan melakukan upaya yang cepat dan tepat untuk melakukan penanganan penyebaran virus corona.

“Semua itu tidak dapat berjalan tanpa adanya kesadaran dari masyarakat untuk
menerapkan protokol kesehatan menjaga kesehatan dan mengikuti himbauan dari pemerintah dalam hal sering cuci tangan, jaga jarak bila diluar rumah dan jaga kebersihan serta selalu menggunakan masker bila keluar rumah, ” ujarnya.

Dalam Rakor kali ini dibahas masalah, menggerakan kesadaran masyarakat untuk memakai masker, melalui gerakan 100 ribu masker

Melihat kesadaran masyarakat yang kurang disiplin dalam menggunakan masker dan melihat situasi penyebaran covid 19 didaerah kita yang cenderung meningkat .

Berry mengharapkan, perlu adanya dukungan dari berbagai pihak untuk menyukseskan gerakan 100 ribu masker baik itu dari pelaku usaha, BUMN/BUMD, Gapensi, Kadin, maupun dari masyarakat lainnya untuk dengan batasan waktu minggu kedua bulan Agustus 2020.

Selain itu, menggalakan pemakaian masker bagi masyarakat dengan harapan kampanye pakai masker dengan penyedian masker itu sendiri, dan lonceng pemakaian masker dilakukan bersama sama agar masyarakat sadar akan protokol kesehatan sangat penting.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis: adiyat
Editor: wandi

Pos terkait