2 jam Jago Merah Berkobar, hanguskan 8 Rumah dan 1 Sarang Walet

  • Whatsapp
Kobaran api yang menghanguskan 8 rumah dan 1 sarang walet, Senin dini hari di desa Dadahup Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas.(ist)

Kuala Kapuas, kalselpos.com– Kembali setelah meluluh lantakan desa Sei Hanyo, jago merah berkobar kembali di desa Dadahup RT 11, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Senin (27/7) pukul 02.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB, selama 2 jam menghanguskan 8 tempat tinggal serta 1 sarang walet.

 

Bacaan Lainnya

Menurut informasi yang dihimpun di lapangan oleh personil Polsek Kapuas Murung disebutkan Api menyebar secara cepat, terlebih bangunan dari bahan yang mudah terbakar, berbahan dasar kayu. Dan sumber api masih dalam penyelidikan dan terus mencari data di lapangan.

Kobaran api dini hari itu, mengakibatkan 8 rumah dan 1 sarang walet terbakar habis, dan 1 rumah terbakar sekitar 50%. Kebakaran berlangsung selama 2 jam, dan padam jam 04.00 WIB. Api dipadamkan dengan sarana pemadam kebakaran dari Desa Dadahup, Kapuas Murung dan Kuala Kapuas, dengan rincian BPK Kapuas 13 unit, BPK Palingkau 4 unit tosa dan BPK Dadahup 2 unit pompa air.

Jumlah keluarga yang terdampak 13 Kepala Keluarga, dengan rincian sebagai berikut, rumah Saipul (60) terbakar habis, Agus (39) 1 rumah dengan Saipul, rumah Ilham (40) terbakar habis, rumah Masaniah alias mamaYuli (60 ) tahun terbakar habis, rumah Mama Sita (52) terbakar habis, rumah Sudi (40) terbakar habis, rumah Titi (53) kosong terbakar
habis, rumah Ugung (40) terbakar habis, Abdurrahman (50), 1 rumah dan 1
sarang walet terbakar habis, Nova, (25) satu rumah dengan
abdurahman, Hendi (27) satu rumah dengan Abdurahman, rumah Gunawan (50) 50% terbakar, Luki (28) satu rumah dngan gunawan.

2. Petugas kepolisian memasang police line di lokasi kebakaran desa Dadahup Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas.(ist)

Kapolres Kapuas, AKBP Manang Soebeti SIK MSi melalui Kapolsek Kapuas Murung, mengatakan, dalam musibah kebakaran yang terjadi dini hari Senin itu, untuk korban jiwa tidak ada. Korban materi, 8 rumah dan 1 sarang walet terbakar habis, dan 1 rumah terbakar sekitar 50%, terdiri dari 13 Kepala Keluarga, di perkirakan kerugian senilai kurang lebih satu milyar lima ratus juta rupiah.

“Kita juga mengamankan barang bukti satu buah kompor gas, satu buah tabung gas 3 kg, dan satu buah tungku pembakaran untuk memasak yg terbuat dari besi, untuk dapat mendalami penyebab musibah kebakaran ini,” sebut Iptu Jimin.

Ditambahkan Kapolsek Kapuas Murung, untuk sementara hasil pengumpulan data dari TKP seperti yang dilaporkan sementars ini

“Untuk perkembangan akan dikabarkan lagi nanti,” ucap Iptu Jimin.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis: Iwan Cavalera
Editor: Bambang CE

Tinggalkan Balasan