Hari ini 2020 ND, asteroid raksasa lintasi bumi berpotensi Berbahaya

ilustrasi Asteroid

kalselpos.com – Asteroid, sebuah benda luar angkasa yang berukuran raksasa diperkirakan akan melintasi bumi pada hari ini.

Badan Penerbangan dan Antariksa Ameriksa Serikat atau National Aeronautics and Space Administration (NASA) menyebutkan, benda itu akan melintasi bumi setelah matahari tenggelam.

Bacaan Lainnya

Benda itu pun diberi NASA nama 2020 ND, dan melaju dalam kecepatan tinggi, 48.000 kilometer per jam dan memiliki panjang antara 160 hingga 200 meter.

Dikutip dari The Indian Express, jarak asteroid ini dengan Bumi hanya 5.086.328 kilometer.

NASA juga mengatakan bahwa asteroid raksasa ini tergolong berpotensi berbahaya atau potentially hazardous asteroid (PHA) mengingat jaraknya yang sangat dekat dengan Bumi.

Selain itu, asteroid 2020 ND juga diklasifikasikan sebagai Objek Dekat Bumi (Near-Earth Object/NEO).

“Asteroid berpotensi berbahaya (PHA) saat ini ditentukan berdasarkan parameter apakah asteroid mengancam Bumi. Secara khusus, semua asteroid dengan jarak persimpangan orbit minimum (MOID) 0,05 au atau kurang dari itu termasuk PHA,” kata NASA dalam sebuah pernyataan.

Kendati diklasifikasikan berpotensi berbahaya, NASA mengingatkan asteroid dengan diameter 120-160 meter ini tidak akan berdampak pada Bumi.

“Itu hanya berarti ada kemungkinan ancaman seperti itu,” kata NASA. 

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Editor: Bambang CE
Sumber: Net/ *

Pos terkait